Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

WTHIGO ?? – #4 – Hangus Membawa Nikmat (end)

Pelan-pelan kupasang lagi keyboard dan LCD laptop di tempatnya, kupasang dan kukencangkan semua baut dan … waktunya mencoba (untuk yg kesekian kalinya).

OK. Proses boot normal, windows setup terdeteksi, proses loading file dan …. HANG !!!

Badan langsung lemas. Dugaanku kalau mouse yg jadi biang keladi semua ini ternyata tak terbukti. Proses setup tetap hang. Apalagi yg kurang ??? Kucoba mengingat-ingat lagi kejadian di mall ambassador awal mei silam. Pasti ada sesuatu yg terlewat. Sesuatu yg membuat laptop ini ngadat. Waktu itu laptopku baru dikembalikan dari Dell Service Center, setelah DVD-RWnya bermasalah. Kepingan DVD memang berhasil dikeluarkan, walaupun harus dibayar dengan ‘harga’ mahal, DVD-RWnya akhirnya rusak total. Waktu itu laptop masih sempat kunyalakan dan nggak ada masalah dengan Vistanya.

Selesai dari service center, aku singgah sebentar di Dunkin dan iseng internetan. Nah dari sini semua masalah berawal. Setelah beberapa saat online, aku iseng ngecek panel laptop karena kepingin tau apakah nggak ada masalah setelah DVD-RW rusak. Setelah menekan beberapa tombol, semua keliatan baik-baik saja. DVD-RW masih bisa ‘bersuara’ menerima perintah dari tombol-tombol panel. Dan tiba-tiba saja internet ngadat. Aku pikir awalnya ini gejala biasa, kadang-kadang wifi dan mobile internet memang suka ngadat. Jadi kumatikan saja wifinya dengan mengubah posisi switch wifi laptop ke off.

Ada yg aneh … kok lampu wifi di panel masih tetap nyala ??? harusnya kalo di-off dari switch, led wifi bakal mati. Belum selesai kebingunganku, tiba-tiba laptop hang. Dari gejalanya, aku yakin ini bukan hang biasa. Bukan cuma windows, tapi kursor mouse juga nggak bisa bergerak. Dari pengalaman selama ini, yg paling sering bikin mouse kursor nggak bergerak kalo hang tak lain dan tak bukan adalah prosesor yg kepanasan. Gawat … tak ada pilihan selain mematikan paksa laptop dari tombol power. Setelah kudiamkan beberapa saat, kuhidupkan lagi laptop, dan sejak bencana itupun terjadi. Hang hang dan hang ….

Sebentar …. kalau led tetap menyala dan switch wifi nggak bermasalah (sudah dibuktikan di percobaan sebelumnya) berarti ada yg salah dengan led itu, atau … panel tempat led itu yg bermasalah. Mungkinkah ? Cuma ada satu cara untuk mebuktikannya. Bongkar !!

 

Kubongkar lagi si laptop. Kali ini fokus terarah pada panel. Penghubung mainboard dan panel adalah selembar kabel tipis yg sangat rapuh. Sejak pertama kali bongkar laptop, kabel ini yg selalu bikin degdegan, soalnya gampang putus kalo ditarik terlalu keras. Misi kali ini adalah melepas si kabel dari konektor panel laptop. OK. Selesai. Saatnya mencoba.

Laptop menyala. Boot OK. Masuk Windows setup. So far so good … eh tunggu sebentar … bau ini … ada yg terbakar !! Refleks, langsung kucabut kabel power laptop. Untungnya baterai nggak kupasang, jadi laptop langsung mati. Sialan !! Apalagi ini ???

Tidak salah lagi, ada sesuatu yg terbakar dalam laptopku. Perlahan kubuka lagi panel laptop, dan benar dugaanku. Kabel tipis tadi kelihatan hangus di pinggirnya. Kuperiksa lagi pelan-pelan kabel itu. Bagian tepinya terbakar, jadi satu atau dua serat kabelnya pasti putus, dan sudah pasti nggak bisa dipakai lagi.

Habis sudah. Kali ini laptop ini benar-benar hancur. Lesu rasanya. Semuanya gagal total. Belum genap dua tahun umurnya, laptop ini sudah ‘wafat’.

Ya sudahlah. Dari awal aku sudah ikhlas kalo laptop ini bakal rusak karena dibongkar-bongkar. Mending aku sendiri yg bongkar daripada diutak-atik sama tukang servis laptop yg rakus-rakus itu. Kucopot kabel tipis yg terbakar itu dari mainboard. Kupasang lagi penutup panel dan coba kunyalakan lagi laptop. Siapa tau masih bisa nyala. 

Boot OK. Kayaknya kabel yg kebakar tadi nggak ngaruh ke sistem. Masuk windows setup. Loading file OK, dan … tiba-tiba tampilan yg kutunggu-tunggu dari satu setengah bulan lalu itu tiba-tiba muncul !!

Layar pilihan instalasi Windows itu muncul ! Semuanya berjalan normal lagi.

Berarti memang kabel itu sumber masalahnya. Sejak awal, kabel itu pasti sudah rusak karena hubungan pendek karena aku nekat nekan tombol-tombol panel waktu DVD-RW rusak. Puncaknya, si kabel terbakar. Dan begitu dicopot, semuanya berjalan lagi seperti biasanya.

Finally … masalah ini bisa diselesaikan emoticon.

————

Jam 3 pagi, udara makin dingin, tapi aku masih belum ngantuk. Mata memandang LCD laptop yg sedang menampilkan proses instalasi Windows Vista …. Sudah dua belas jam lewat sejak laptop berhasil berjalan normal. Aku putuskan untuk install Vista via USB flashdisk. Prosesnya sudah hampir selesai, tinggal install ulang driver dan program-program lainnya. Kalo ingat sehari sebelumnya, jadi senyam-senyum sendiri. Andaikan kemarin aku nggak berani bongkar laptop ini lagi, mungkin ceritanya bakal beda seperti sekarang. Memang resikonya besar, tapi dari situ kita bisa belajar. Memang akhirnya panel laptop ini nggak bisa dipakai lagi, tapi paling nggak si laptop sendiri masih bisa dipakai kerja. Dan yg jelas aku dapat pelajaran yg luar biasa berharga. No pain, no gain …

Semua proses instalasi Windows dan driver-driver sudah selesai. Sudah waktunya mata dan tubuh ini beristirahat kembali, begitu pula si laptop. Kuarahkan kursor ke start menu, dan kupilih Shut Down.

Si laptop pun tertidur lagi, tapi kali ini bukan mati suri …

PROBLEM SOLVED. 

July 4, 2010 - Posted by | Activity, Thought and Opinion

1 Comment »

  1. “No problem.” The north face Then they put a hook sickle eternal state raised the gun up, and then step forward. Around only to north face coupon see the north face step taken immediately to a group of purple smoke disappeared in the air, and then almost disappeared in the side of the north face, while the other side of the demons suddenly appeared around a mass of confused and quickly gather the smoke into the north face of the image and then suddenly appear in that entity demons behind.

    Comment by north face coupons | January 15, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: