Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

WTHIGO ?? – #3 – Mungkinkah Karena Mouse .. ?

Well .. berhubung sudah rapat, kemarin dan hari ini lumayan banyak waktu luang untuk ngoprek laptop lagi. Jadi kemarin aku coba bedah ulang si Dell Inspiron 1318 yang sudah satu setengah bulan mati suri sejak kejadian di mall Ambassador bulan mei silam.

Setelah percobaan bulan lalu gagal total, aku putuskan untuk sekali lagi membongkar habis si laptop. Sebenarnya ada sedikit rasa cemas kalo ada apa-apa, ntar laptopnya tambah rusak. Tapi setelah kupikir-pikir lagi, sekarang ini si laptop nggak bisa dipakai juga, trus kenapa mesti takut ? Paling nggak aku tau apa yang jadi biang masalahnya. Kalaupun nanti rusak, ya udah, ikhlaskan aja, paling nggak aku dapat ilmu baru buat bongkar-bongkar laptop. Sebelumnya aku cuma berani bongkar harddisk atau batere CMOS doang, jadi sekarang rencananya dibongkar sampai motherboard.

Dan akhirnya bedah laptop episode dua dimulai. Ternyata nggak terlalu menegangkan seperti waktu yang pertama. Kali ini laptop sudah berhasil kubongkar sampai motherboard cuma dalam waktu setengah jam. Bandingkan waktu pertama kali bongkar yang makan waktu sampai tiga jam.

Dugaanku sejauh ini, ada masalah dengan WIFI switchnya. Alasannya, masalah bulan lalu berawal ketika aku mematikan WIFI via switch yang ada di sisi kanan laptop. Waktu itu, lampu LED WIFI di control cover tetap hidup, padahal sudah switch sudah off, dan tiba-tiba terjadilah bencana itu. Freeze misterius yang belum ketemu pemecahannya sampai sekarang.

Setelah switch dicabut dari motherboard, laptop ku rakit ulang dan dicoba. Hasilnya ?

BlSOD. Nggak ada yang muncul di layar monitor. Rasa cemas bertambah. Bukannya tambah bagus, laptop malah tambah kacau. Jadi kubongkar lagi laptopnya, dan kupasang WIFI switch tadi. Akhirnya bisa jalan lagi … lega.

Kesimpulan sementara : Biang keladi bukan di WIFI switch.

Setelah searching di Google, aku download beberapa tool untuk cek hardware via bootable CD. Sejauh ini ada dua, yaitu : Hiren’s Boot CD dan Sun’s System Check. Masing-masing bisa diburn di CD dan di-boot.

Sejauh ini aku baru pakai PC-Check dari Hiren’s Boot CD, dan aku menemukan sesuatu yang menarik. Software ini bisa menguji seluruh hardware yang ada pada laptop. Dan waktu pengujian mouse, hasilnya menunjukkan kalau mouse laptop tidak bekerja. Kebetulan tombol kiri mouse memang lagi stuck. Posisinya seperti ditekan terus, nggak bisa naik lagi karena karetnya habis.

Mungkinkah ini penyebabnya ? Liat saja nanti.

June 16, 2010 - Posted by | Activity, Thought and Opinion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: