Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

WTHIGO ?? – #1 – Penyakit Harddisk yg Misterius

Kasian amat kau, laptop. Kemarin DVD driive slot sudah KO, sekarang malah nggak bisa masuk OS. Berikut gejala-gejala anehnya :

  1. Harddisk Terdeteksi di Laptop dan PC, Grub muncul, pilihan LInux dan Windows muncul. LED harddisk menyala.
  2. Semua OS tidak bisa startup. Untuk windows, begitu progress bar muncul, harddisk seperti mati. LED harddisk mati. Untuk Linux Vine, layar langsung gelap, tidak ada tanda-tanda linux di-load. Untuk Linux Mint, cuma ada beberapa pesan status hardware, setelah itu diam. Tidak ada pesan error sama sekali.
  3. Isi harddisk (partisi windows) terbaca pada PC via USB-SATA converter, tapi belum dicoba di laptop lain
  4. PC bisa me-load Windows Vista pada harddisk, tetapi mendadak error dan restart. Sayangnya pesan errornya nggak kebaca. Aku lupa menonaktifkan restart kalo ada error.
  5. Windows setup nggak bisa jalan (di laptop) begitu selesai me-load file. Sama seperti gejala no.2, begitu progress bar muncul, langsung diam. Tapi kalo di PC malah mau jalan. 

Pertanyaannya :

  1. Kalo memang harrdisk bermasalah, kenapa masih bisa diakses di PC ?
  2. Kalo OS bermasalah, kenapa GRUB masih bisa muncul ?
  3. Kenapa semua OS, mulai dari Windows sampe Linux nggak bisa jalan di laptop ?
  4. Kenapa windows setup nggak bisa jalan di laptop ?

What The Hell is Going On ?????? emoticon

Dugaan sementara :

  1. Ada masalah pada boot sector harddisk, soalnya OS ga mau jalan tp isinya masih bisa diakses di PC.
  2. Ini kemungkinan paling buruk, worst case scenario kalo orang jawa bilang : CONTROLLER HARDDISK LAPTOP RUSAK. Alasannya, windows setup masih bisa di-load di PC, tp nggak bisa di-load di laptop. 

Yg sekarang dilakukan : Test diagnoistik dengan software bawaan (ROM) laptop. Prosesnya masih belum selesai.

Yg akan dilakukan :

  1. Boot harddisk di laptop via USB-SATA converter.
  2. Coba harddisk lain di laptop. Tapi siapa yg punya harddisk SATA yg bisa dicoba ?
  3. Coba boot linux dari harddisk di PC, tungguin kira2 30 menit.
  4. Kalo belum jelas errornya, non aktifkan fitur restart kalo error di menu boot windows (F8)
  5. Backup semua data ke DVD, terutama data kerjaan, program, thesis, foto2 dan film tentunya. Cape deh emoticon
  6. Ini yg paling penting : MANDI MANDI MANDI … dah jam 12 siang ini … emoticon

May 9, 2010 - Posted by | Activity, Thought and Opinion

3 Comments »

  1. Useful information , this is both good reading for, have several good key points, and I learn some new stuff as a result ! too, appreciate your sharing your information. Thats a great blog, and can we purchase some ads from you? If you agree, just email me the ad type and fee each month or each year. In case you own some other sort of great related blogs or websites, you can email me too. Thanks so much. Have a nice day! By Air Jordan shoes

    Comment by Air Jordan shoes | May 18, 2010 | Reply

  2. Useful information , this is both good reading for, have several good key points, and I learn some new stuff as a result ! too, appreciate your sharing your information. Thats a great blog, and can we purchase some ads from you? If you agree, just email me the ad type and fee each month or each year. In case you own some other sort of great related blogs or websites, you can email me too. Thanks so much. Have a nice day! By Air Jordan shoes

    Comment by Air Jordan shoes | May 18, 2010 | Reply

  3. This is a very good blog. I appreciate very much this text, thank you.

    Comment by puma shoes | April 24, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: