Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

ANN – Day #2 – Reawakening

Yeah … akhirnya bisa nulis topik riset lg di blog. ANN Day #2 starts here …

Coba kita liat dulu kapan terakhir kali posting … 24 Februari 2010 !! Hahahah … ya ya ya, please blame FB, Plurk and Twitter for that … LOL.

Seperti perkiraan sebelumnya, mencari orang yg bisa diajak diskusi soal ANN memang nggak gampang. Dari dua professor yang sudah dihubungi, nggak ada satupun yang ngasih balasan. Ikutan milis pun nggak sepenuhnya membantu. Jadi, dalam dua bulan ini progressnya 0% … kalo tulisan ini diperhitungkan juga, bolehlah ada kemajuan 1% . Hidup otodidak !! LOL

Back to topic. Berikut catatan penting yg kudapat hari ini.

————

Neuron –> Sel Saraf (Nerve cell)

Soma –> Badan dari Neuron

Synapse –> Media penghubung antar Neuron, merupakan ujung Axon/Dendrite

Axon –> Jalur transmisi dari Neuron, biasanya berupa jalur tunggal atau jalur dengan sedikit cabang, Axon terhubung dengan Synapse

Dendrite –>  Jalur transmisi dari Neuron seperti halnya Axon, tp cabangnya lebih banyak dan memiliki segmen penerima input dr synapse

special notes : beuh … istilah alien semua, harus ngerti dulu prinsip kerjanya masing-masing … emoticon

———–

Model Neuron mengandung tiga komponen utama :

  1. Synapses/Connecting links –> jalan masuk sinyal/input, dikarakterkan dengan berat (weight) atau kekuatannya (strength), biasa dinotasikan dengan X. Misal Xj, artnya Input ke-j. Input yg masuk ke synapse dr Neuron k akan dikalikan dengan beratnya, dan dinotasikan dengan Wkj. Informasi neuron (k) harus dituliskan lebih dulu drpd masukan (j). Operasi yg ada bagian ini adalah perkalian (multiplication) –> XjWkj
  2. Adder –>  penjumlahan seluruh synapse yg ada pada neuron, operasi yg ada di sini adalah sigma/penjumlahan –> linear combiner
  3. Activation Function –> membatasi amplitudo dari hasil penjumlahan keluaran synapses dalam nilai terhingga. Nggak begitu ngerti maksudnya, tp kayaknya prinsipnya sama dengan conditional/if clause di programming. Keluaran dari Neuron berada dalam interval tertutup [0,1] atau [-1,1]
  4. Bias –> Ini jg kurang begitu ngerti. Kayaknya pengaruh lain dr luar, biasanya dinotasikan dengan bk, sebagai Synapse dengan input X0 dengan berat Wk0. Bias akan mempengaruhi nilai keluaran Adder sebelum masuk ke Activation function. 

Pertanyaan :

  1. Kenapa interval keluaran harus [0,1] atau [-1,1] ? Kenapa nggak [-1,0] atau yg lainnya ?
  2. Kenapa bias nilainya +1 ?

Pusing …. LOL 

 

April 21, 2010 - Posted by | Activity

5 Comments »

  1. kyknya ada banyak model tentang neural net, tapi yang umum emang mulai dari perceptron.

    nilai 0 dan 1 punya sifat yang cukup unik di aljabar dan probabilitas. 0 itu identitas terhadap operasi penjumlahan, 1 identitas terhadap operasi perkalian. apakah ini nyambung dengan pertanyaan? nggak tau jugak.. hehehehe

    intinya operasi perkalian dengan weight itu kan perkalian titik.. atau pendekatan lain dari ‘jarak suatu titik dengan garis’, fungsi bias itu memodelkan ‘garis’ dari ‘titik’. misalnya garis dimodelkan dengan persamaan ax+by+c=0 dan titik sebagai pasangan , kalau x,y disubstitusi ke persamaan garis kita bisa tahu orientasi titik thd garis : nempel (substitusinya=0), kiri/kanan (substitusinya lebih kecil atau lebih besar dari 0). untuk dimensi yang lebih besar analoginya jadi titik dan ‘hyperplane’

    terus ada fungsi pembatas supaya nilainya nggak jauh-jauh, karena mungkin butuhnya cuma status 0 dan 1 (misal untuk memodelkan peluang) jadinya fungsi pembatasnya dibikin supaya range nilainya cuma [0,1], atau mungkin butuhnya [-1,1] untuk dapetin efek penghambat selain dari koefisien bobot sinapsis. tergantung interpretasi nilainya juga sih..

    oya, milis soft-computing emang rada sepi. isinya kebanyakan dosen2 yang sibuk. baru rame kalo ada yang kontroversial, atau monolog dari pendiri milis, ato kalo lagi ada e-kolokium. hehehe

    Comment by pebbie | April 21, 2010 | Reply

  2. hehhe, iya nih, masih pemula banget … terima kasih buat komennya🙂

    Comment by A3 | April 22, 2010 | Reply

  3. liat blognya ka ardi jd pgn nangis..isinya keren2
    dah banyak lg tulisannya.kl taun 2006 dnda msh cupu ka2 mah ud melanglangbuana.skrg aj blog dnda msh ky anak smp…huhhuuu

    Comment by Dindatrihandajanii | April 27, 2010 | Reply

  4. >dinda : emang blog anak SMP tuh kayak apa ya ?? :p

    Comment by A3 | April 27, 2010 | Reply

  5. If you are in the corner and have got no money to go out from that point, you would have to take the business loans. Because it should aid you emphatically. I take short term loan every year and feel good because of it.

    Comment by BRADFORD23JEANNE | September 7, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: