Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Diet #4 – Halfway

Dua minggu yang kacau …. mungkin itu tema tulisanku kali ini.

Dimulai sejak kedatangan rombongan orang Jepang itu sampai dengan beberapa saat yg lalu, sebelum berbuka puasa. Bisa dibilang pola dietku kacau balau dalam dua minggu ini. Nggak jarang aku melanggar aturan-aturan yang sudah aku buat sendiri dalam dua bulan terakhir, mulai dari makan malam, jajan sembarangan, sampe makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi yg lain.

But, i just couldn’t help it. Gimana bisa menolak ajakan makan malam dari orang yg sudah telanjur traktir kita ? atau menolak makanan yg sudah telanjur dihidangkan ? Dan karena sudah biasa ‘taat’ dengan aturan ketat yg kubuat, rasa bersalah seringkali muncul setiap kali aku melanggarnya. Mungkin ini salah satu sindrom orang lagi diet, tapi akibatnya, aku sempat melakukan hal-hal yg rada-rada lebay (atau mungkin emang udah lebay kali yaa ?) emoticon

Salah satunya adalah, setiap kali aku makan malam/makan nasi, maka aku nggak boleh makan selama 24 jam. Itu salah satu hal paling gila yang pernah kulakukan …. but anyway, i did it last week. Lemas, itu sudah pasti …. dan aku tau kalo itu sangat sangat nggak baik buat kesehatan, walaupun berat badan tetap turun. Semoga aku nggak pernah melakukan itu lagi.

Tapi alhamdulillah, setelah hari ke-62 (aku mulai stop makan malam dr tanggal 22 Juni, tp efektifnya mulai tanggal 29 juni), berat badanku sudah turun di bawah angka 100 kg. Terasa sedikit spesial karena barengan dengan 1 Ramadhan. Entah kapan terakhir kali berat badanku di bawah 1 kuintal, yg jelas seingatku 5 atau 6 tahun yang lalu, berat badanku sudah di atas 100 kg. Berarti dalam dua bulan, berat badanku turun 18 kg.

Efeknya memang belum terlalu keliatan secara fisik, walaupun sebagian teman sudah bilang aku kurusan. Memang sih, ada sedikit perubahan …. misalnya, urat-urat yang awalnya nggak keliatan sama sekali, sekarang sudah jelas terlihat dan menonjol di kedua tanganku, terutama di punggung tangan. Kayaknya sih, lemak-lemak ini konsentrasinya lebih banyak di perut. Udah turun 18 kilo aja, perut masih buncit gini … hehehe … tp yang paling terasa itu di pinggang. Celana yg baru aku beli satu bulan lalu sekarang udah mulai longgar lagi. Payahnya, ikat pinggang yg bulan kemarin masih jelas-jelas dikunci di lubang paling besar, sekarang malah nggak bisa dikunci karena sudah lewat lubang paling kecil alias kegedean. Masa sih harus beli celana dan ikat pinggang lagi ??? Bisa tekor gw sebelum lebaran kalo gitu ….

By the way, ada masalah baru yang harus kuhadapi di bulan Ramadhan ini : Jadwal makan. Biasanya aku makan pagi dan makan siang doang dalam sehari. Tapi karena harus puasa, aku harus ubah jadwalnya, yaitu mulai dari magrib sampe subuh. Terus, kalo biasanya aku kuat nggak makan seharian, sekarang jadi cepat banget lemasnya. Kayaknya sih gara-gara dehidrasi, habis mau gimana lagi ? Kalo puasa kan nggak boleh minum, padahal selama dua bulan diet, minum air yg banyak itu sudah jadi kebiasaanku. Satu lagi, soal makan juga bikin pusing. Biasanya menu sarapanku itu gado-gado tanpa nasi/lontong, nah sekarang mana ada yg jualan kayak gitu subuh-subuh. Dua malam yang lalu sampe puter-puter di sabang buat cari penjual gado-gado, tp ga dapat-dapat. Akhirnya beli gado-gado BMK di Sarinah …. mahal man …. 14 rebu satu porsi emoticon

Ternyata emang puasa itu jauh lebih berat dari sekedar diet dan ….. sejujurnya, aku sudah jenuh dengan semua ini. Siapa yang nggak jenuh kalo makan makanan yang itu-itu aja dalam dua bulan ?? Harus bisa nahan nafsu setiap kali ngeliat orang makan yang enak-enak, harus kuat diledekin orang yang tau aku lg diet dll …. andaikan nggak ada teman-teman yang terus mendukung diet ini, mungkin aku sudah menyerah dari dulu, dan alhamdulillah, bisa turun 18 kg dalam dua bulan sudah benar-benar kayak mukjizat …. 

That’s why i want to thank to you guys, for all your support in these two months ….. emoticon

OK … sekarang nggak terasa sudah separuh jalan kulewati, semoga aku tetap bisa semangat sampai target akhir terlewati ….

Ganbatte !! 

Berat badan terakhir : 99,5 kg emoticon

August 23, 2009 - Posted by | Activity, Bhs Indonesia

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: