Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Cara Mencari Lagu di Internet

Dah basi nih topik sebenarnya, tp karena td ada teman yg minta, ya udah ditulis aja di blog. Siapa tau masih ada yg belum tau emoticon.

Anyway, cari lagu bukan berarti cari mp3 loh ya, karena lagu bisa berupa file audio (mp3, ogg, wav dll) atau video (avi, mpg, flv dll). Apa saja hal-hal penting untuk berburu lagu di internet ?

  1. Judul lagu. Kalo judul lagu sudah tau, dijamin 90% udah pasti dapat lagunya di internet. Waktu internet blom populer seperti sekarang memang peluangnya cuman 50-50. Tapi sekarang, jangan ditanya deh. Tinggal masukin judul lagu di Google, juga pasti ntar dikasih linknya, baik yang berbayar maupun gratisan.
  2. Lirik lagu. Lirik lagu amat sangat berguna kalo anda pingin cari lagu, tp nggak tau judul lagu tersebut. Saya sering banget ngalamin kayak gini karena nggak terlalu ngikutin chart musik di radio-radio. Jadi kalo kebetulan dengar lagu bagus, dan nggak tau judulnya, nggak usah bingung. Dengerin aja baik-baik sebagian liriknya, terutama bagian reff/chorus. Terus, masukan syair-syair liriknya di Google dan search. Ntar biasanya anda dikasih link ke situs-situs lirik atau blog yang menulis lirik lagu tersebut, dan pasti dapat judul lagunya. Habis itu balik ke poin no.1 emoticon
  3. Search Engine. Semua juga udah pada tau kalo Google itu rajanya search engine, termasuk dalam urusan berburu lagu di internet. Tapi gimana kalo lagunya masih nggak ketemu ? Coba aja fasilitas search di situs-situs seperti http://www.4shared.com, http://www.filestube.com, http://www.megadownload.net dll. Intinya, cari aja di situs-situs file sharing/hosting yang sekarang banyak bertebaran di internet. Paling enak kalo situsnya punya fasilitas search engine lokal. Kalo ga ada, anda bisa coba trik ini : http://ardhi108.blogsome.com/2008/04/28/cara-mencari-file-di-megauploadrapidshare/. Apa enaknya cari lagu di situs-situs file sharing ? Jawabannya, dijamin 99% gratis, kecuali kalo uploadernya usil ngasih password ke filenya.
  4. Forum. Masih ada hubungannya dengan poin no.3. Admin situs-situs forum biasanya nggak selalu membiarkan Google melakukan indexing pada websitenya. Konsekuensinya, informasi link-link yang ada di forum juga nggak akan selalu muncul di google. So, cari aja forum-forum diskusi yang menyertakan sub-forum tentang musik atau forum-forum tentang musik, sesuai dengan lagu yang anda ingin cari lewat-lagi2-Google (contoh : kalo cari lagu Jepang, cari forum yang berhubungan dengan J-pop atau J-Rock misalnya). Kalo memang harus daftar buat ngeliat isi forum, ya daftar aja, toh biasanya gratis. Habis itu pake fasilitas search di forum tersebut. Enaknya cari lagu di forum biasanya adalah kita bisa dapat konten yang lebih dari sekedar mp3 dan nggak dipublish di luar forum. Misalnya : Video klip HD (High Definition) dari lagu yang kita cari, yang kualitasnya jelas jauh lebih bagus dari pada video streaming di Youtube.
  5. Google Hack. Maksudnya, memanfaatkan fasilitas search operator di google semaksimal mungkin untuk mencari lagu yang diinginkan. Untuk info lebih lanjut, baca di sini : http://www.google.com/help/operators.html . Kalo anda sudah menguasainya, jangankan lagu, nomor rekening bank atau kartu kredit orang juga bisa dijebol emoticon. Contohnya kalo anda mau cari lagunya Gita Gutawa, masukan keyword berikut di Google : -inurl:(htm|html|php) intitle:"index of" +"last modified" +"parent directory" +description +size +(wma|mp3) "gita gutawa". Nggak 100% berhasil memang, tapi layak dicoba.
  6. Torrent. Gunakan saat anda sudah puyeng karena lagu yang dicari nggak ketemu-ketemu. Ini juga nggak 100% berhasil, dan umumnya pemakaian torrent ‘diharamkan’ di jaringan kantor, sekolah atau kampus. Terutama yang pake proxy server.
  7. Luck. Sukses nggaknya anda cari lagu di internet nggak cuma dipengaruhi faktor-faktor teknis di atas, tapi juga keberuntungan. Nggak jarang, lagu yang dicari tetap nggak ketemu walaupun udah pake trik-trik di atas. Yang perlu diingat, ada nggaknya lagu tersebut diinternet, paling ditentukan oleh ada nggaknya uploader lagu tersebut. Walaupun anda suka banget dengan suatu lagu, tapi kalo orang-orang nggak terlalu sama lagu tersebut, otomatis yang upload lagu tersebut nggak banyak juga kan ? Makin sedikit yang upload, makin susah mendapatkan lagu tersebut.

OK. That’s all that i know about searching music files on the internet. Have a nice try emoticon

April 14, 2009 - Posted by | Bhs Indonesia, Guide, Movies, Music

1 Comment »

  1. Ada beberapa trik yang gw baru tau nih..
    Thanx

    Comment by Fajar | April 15, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: