Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Master Course – Day 1 – Salah Naik

 

Setelah 3 tahun, akhirnya senen kemarin gw kuliah lagi, walaupun di jurusan, fakultas dan kampus yg berbeda dengan sebelumnya. Hari pertama kebetulan bersamaan dengan hari pertama bulan Ramadhan. Senangnya🙂 . Kalo dr pengalaman gw sih, sejak SD sampe kuliah S1 dulu, hari pertama sekolah biasanya ada aja kejadian unik yg gw alamin. Ternyata ‘tradisi’ ini masih berlanjut kemarin. Konyol jg ceritanya.

Kemarin siang, gw pergi ke kampus dari kantor sekitar jam 1 lewat. Rencananya mau naik kereta dari stasiun Gondangdia, syukur-syukur kalo dapat yg ekonomi AC atau express. Pas gw tanya penjual karcisnya, katanya Pakuan/Depok Express yg singgah di UI udah lewat. Ya udah gw pilih kereta Ekonomi AC yg singgah jam 13:50. Setelah menunggu sampai jam 2 siang kurang 5 menit, ada kereta AC ke arah Manggarai yg singgah. Biasanya kalo ada kereta berhenti di stasiun, petugas akan memberi informasi jenis dan nama serta tujuan kereta tersebut. Nah, kali ini nggak ada pengumuman sama sekali. Yah gw naik aja langsung, gw mau nanya penumpang di dalam udah pada merem semua. Lagi pada bobo, mau nanya ke siapa lagi ? Penumpang yg baru naik di gerbong itu cuman gw. Mungkin karena bulan puasa pikir gw, so gw langsung duduk nyaman, pasang earplug dan ber-walkman ria sambil menikmati sejuknya AC di dalam kereta.

Begitu kereta hampir sampai di Manggarai, petugas pun datang memeriksa karcis penumpang. Pas karcis gw diperiksa si petugas ngasih tau kalo gw salah naik kereta dan harus bayar karcis suplisi 10 rebu. Walah !!!

Gw : "Ini kereta mau kemana ya pak ?"

Petugas : "Ini Kereta AC express ke Bogor yg berhenti di Bojonggede, mas"

Gw : "Bukannya Ekonomi AC yg singgah duluan sebelum kereta Bojonggede, pak ?"

Petugas : "Kereta ekonomi AC lagi telat, jadi kereta Bojonggede yg jalan duluan, mas"

Gw : "??!!!"

Alasan apa itu ? Akhirnya dengan rada dongkol gw bayar karcis suplisinya. Udah salah naik kereta, rugi 10 rebu, dan bukan murni kesalahan gw pula. Ya, udah ambil sisi positifnya aja. Paling nggak gw naik kereta express, jd bisa sampai lebih cepat, jd ntar cepat jg naik kereta balik yg ke UI. Lagian gw blom pernah lewat Bojonggede. Lumayan buat jalan-jalan. Bulan puasa, euy. Sabar … sabar ….

Sekitar 20 menit kemudian, stasiun UI lewat, Pondok Cina Lewat, Depok Baru lewat, begitu pula Depok Lama. Buset, blom sampe-sampe juga di Bojonggede ! Begitu sampe di Citayam, gw udah mulai was-was. Udah jam setengah 3, ntar gw sampe di kampus jam berapa ? Masa sih hari pertama udah telat. Kalo ntar dosennya galak, terus gw nggak boleh masuk gimana ?

Akhirnya sampai juga di Bojonggede. Petugasnya nyengir-nyengir aja, waktu gw ngasih karcis suplisi di pintu masuk stasiun. Apes. Nggak ada kereta yg paling cepat selain kereta Ekonomi jurusan Jakarta sebelum jam 3. Ya udah, nggak ada pilihan. Setelah menunggu sampe jam 3 kurang lima menit, muncul pula kereta ekonominya. Ya udah deh, desak-desakan di dalam, sampe sekitar jam 3 lewat 15 menit akhirnya gw sampe juga di stasiun UI.

Bis kuning nggak ada yg keliatan, akhirnya gw jalan ke ruangan kuliah yg jaraknya sekitar 1 km dr stasiun. Setelah mandi peluh dan telat hampir 1/2 jam, akhirnya sampai juga di ruangan. Untungnya dosennya baik, gw masih bisa ikut kuliah. Alhamdulillah. Nggak mau telat lagi gw.

Hari pertama kuliah, lebih banyak ngulang Kalkulus I dulu. Masih lumayan bisa gw serap materinya. Dosennya juga asik ngajarnya. Nggak rugi datang telat hahah …:mrgreen:

——-

Buat PT.KAI, terutama petugas stasiun Gondangdia, kalo ada kereta singgah di stasiun, mbok ya kasih informasi ke penumpang supaya nggak salah naik. Kemarin tuh kenapa nggak ada pengumuman ? Speakernya rusak ? Atau lagi tidur siang (mentang-mentang lagi bulan puasa) ? Soalnya ternyata kemarin banyak penumpang yg bernasib sama dgn gw yg turun di Bojonggede. Kalo misalnya ada penumpang nggak bawa duit lebih buat naik kereta gimana jadinya ?

September 3, 2008 - Posted by | Activity, Bhs Indonesia, Thought and Opinion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: