Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

TPA Pertama

Hmmm …. ternyata TPA itu begitu toh …… nggak jauh beda sama yg ada di buku-buku, tp juga nggak mirip-mirip amat. Yah …. gw rada kedodoran juga tadi, maklumlah baru pertama kali ikut TPA. Soal-soalnya nya sih sebenarnya nggak susah-susah amat, kebanyakan pelajaran SMA. Malahan ada sebagian soal yg materinya ngambil dari pelajaran SMP. Cuman ya itu masalahnya, waktunya luar biasa singkat. Gw memang kurang perhitungan sama waktu, akhirnya ada sebagian soal yg kelewat. Ck … rada nyesel juga.

Yah tapi udahlah. Toh kesempatan S2 masih banyak. Di UI aja ada 3 gelombang penerimaan mahasiswa S2. So, kalo kali ini gagal, gw masih bisa daftar lagi untuk bulan desember. Ujian kali ini bisa jadi pelajaran buat ujian yg akan datang.

Yg bikin gw agak nggak sreg mungkin lebih pada faktor non-teknis. Kayaknya sistem penerimaan mahasiswa S2 di UI kurang terorganisasi dengan baik, mulai dari pendaftaran sampai pelaksanaan ujian. Misalnya, waktu ngambil kartu ujian, ketika orang lain dapat kartu asli, gw malah cuman dikasih yg fotokopian. Gw sempat ragu, dan nanya beberapa kali ke panitia, apakah gw emang cuman dapat fotokopian dan kartu fotokopian tadi bisa dijadikan tanda pengenal dan sah untuk ikut ujian. Si panitia sih bilang, bisa, sah dipakai ujian, dan dia pesan supaya kartunya nggak hilang. Eh nggak taunya, hari ini, tiap pengawas yg menjaga ruangan ujian gw pada nanyain kenapa gw pakai kartu fotokopi. Yah, gw bilang aja apa adanya, kalo gw cuman dapat ini dr panitia. Si pengawas nanyain terus (padahal waktu itu lg tegang-tegangnya ujian), gw (rada kesal) langsung ngomong, "Bapak tanya aja sama panitia deh. Saya lg ujian !". Untungnya si bapak pengawas td ngerti dan nggak nanya-nanya lagi.

Yg rada konyol mungkin pas sebelum ujian. Sebagian peserta bertanya apakah nomor peserta yg diisi dilembar jawaban adalah nomor ujian atau registrasi. Pengawasnya malah bingung. Akhirnya kita pada nggak nulis nomor peserta dulu sambil nungguin pengawas koordinasi sama pengawas lain soal masalah nomor ini.

Aya-aya wae. 

July 5, 2008 - Posted by | Activity, Bhs Indonesia

7 Comments »

  1. Hampir sama pengalamannya nih friend, gw kemarin jg habis ngambil ujian S2 UI di Depok. Memang sepertinya pengawas2 ujian itu tdk dibriefing dulu. Antara pengawas pada ujian TPA dan pengawas saat ujian bhs ingris ngasih petunjuknya bisa beda. Sempat kacau juga! kok bisa yah satu hari peraturannya bisa beda2 (waktu ngisi lembar jawaban). Pas TPA katanya yang diisi di no. registrasi adalah no. ujian, eh pas tes bhs inggris ktnya no. registrasi, tp sempat ragu juga kita dan ternyata pengawas tsb gak tahu juga sebenarnya, akhirnya mereka nanya ke panitia di sekretariat pengawas.
    Yang paling nyebelin lagi pas aku ngambil kartu ujian, kan katanya mulai tanggal 1-4 sudah bisa diambil, trus tanggal 2 Juli aku ke UI Depok bagian pengambilan kartu ujian. Tahu nggak siapa yang ngelayanin? Dari seragam bajunya sepertinya mereka adalah Cleaning service, friend. kemudian si CS itu nyari di box tempat kartu ujian yang sdh tersedia. Punyaku ternyata gak ditemukan, dan dengan entengya dia bilang ” kartunya diambil besok aja Pak, soalnya belum ada”. Weleh-weleh dalam hati kupikir kacau bener ini. Terus aku bilang sama dia, ya diuruslah kalau belum ada, sudah jelas2 diinternet diumumin mulai tanggal 1 Juli bisa diambil, kok nggampangin aja dia bilang begitu, apalagi aku kan jauh2 datang dari Jakarta ke depok UI, masa harus besoknya lagi balik lagi. Kan logikanya tinggal diprint aja tuh kartu, kan sudah computerized. Akhirnya setelah lama aku tunggu jadi juga tuh kartu ujian, walaupun sebelumnya si CS sempet minta foto lagi sama aku, tapi kubilang aku gak bawa, dan fotoku kan sdh aku kirim dalam berkas persyaratan, so cari aja di berkas yang sudah aku kirim.
    Semoga saja kejadian ini tidak terulang lagi di masa2 datang dan menjadi perhatian dan perbaikan bagi panitia penerimaan mahasiswa baru UI. Dan kalau bisa jangan CS dong yang ngelayanin, kalau ada pelayanan yang tidak memuaskan mereka juga tidak bisa disalahin, kan tugas mereka kan cleaning bukan melayani penerimaan mahasiswa baru.

    Comment by teman yang baru ngikuti ujian S2 UI | July 6, 2008 | Reply

  2. Wah.. semangat Dhi, hebat ente udah ikut ujian masuk S2..,
    btw sibuk bener yah, sambil ngejagain radar sekali2 cek email atuh Pak, dijamin ga bakal lari kemana2 radarnya.

    Comment by Yudha | July 7, 2008 | Reply

  3. @ teman : Jangan-jangan kita satu ruangan pas ujian TPA, bro. Hahaha😀 Ruangan gw di Fak Hukum D.304.

    @ yudha : Siap Pak ! Emailnya udah saya balas kan ?🙂

    Comment by A3 | July 7, 2008 | Reply

  4. aih..aih, sama ya, aq jg ikut ujian S2 UI, memang sepertinya petugas yang berdinas ga di briefing dlu, jd ketika qta nanya masalah teknis biasanya mereka bingung.

    Comment by fetianita | July 22, 2008 | Reply

  5. Hi…
    Aku syesar dr Tanjungpinang Kepulauan Riau
    tgl 1 Maret 2009 ini, aku bakal ikutan program S2 di UI yang biayanya bakal ditanggung sm Perusahaan apabila aku lulus tahun ini, tapi bilamana nggak, yah terpaksa melewatkan 1 kesempatan emas utk dapat gelar S2 dan Tahun depannya belum tau dapet lg,
    aku belum ada pengalaman ujian sebelumnya, tapi klo boleh nanya soal TPA tu apa ya?terimakasih sebelumnya…

    Comment by Syesar | February 20, 2009 | Reply

  6. Do you know that this is high time to receive the loan, which would help you.

    Comment by JulietteFarley | March 10, 2010 | Reply

  7. and the headquarters of frozen banshee north face coat obviously does not stop the magic is being built, you can camp just outside this circle is also big enough to find it again in order to estimate the time is not one to not expect it. the north face now is not so much time looking at the headquarters here, the best way is to ask people. Certainly can not ask the players, although the north face the other side may not know who, but the north face is now posing as the c, hastily accosted the player is not a good idea and of course, the north face can be disguised as a player, then ask another player, but this method is risky,

    Comment by north face coats | December 15, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: