Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Cara Download Video Online (FLV/Flash Video) ~ In Depth with Mozilla FireFox

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Tanpa bermaksud menggurui, tulisan ini ditujukan buat anda yg masih belum tahu atau mengerti cara mengunduh (download) file video online (Flash Video – FLV), terutama dengan menggunakan browser Mozilla FireFox. Sebagian besar teknik yg ada, penulis peroleh dari beberapa sumber terpercaya di internet dan sebagian lagi merupakan pengalaman penulis sendiri. Bila ada kesalahan, mohon kritik dan sarannya. Harap maklum, karena penulis jg manusia biasa yg masih jauh dari kata sempurna.

– Ardhi emoticon

——————————- 

Apa itu FLV (Flash Video) ?

Kalo anda biasa mengunjungi situs-situs video online kayak Youtube, Google Video sampai Layartancap (orang indonesia punya), anda bisa memutar video secara online dengan browser seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer (IE) yg sudah memiliki flash plug-in. Singkat kata, FLV adalah format file video online yg secara normal hanya bisa diputar di browser-browser yg saya sebutkan di atas, tentunya dengan bantuan flash plug-in.

Salah satu contoh situs video online 

Lalu, apakah file FLV tadi bisa didownload dan diputar secara offline (tanpa harus mengakses website ybs) ? Jawabnya bisa saja. Syarat pertama, anda harus memiliki codec agar bisa memutar file video tadi di pemutar video seperti Windows Media Player. Kalo mau aman, anda bisa download secara gratis K-Lite Codec di internet. Linknya ? Masukin aja "K-Lite Codec Pack" sebagai keywords di google (Sori, saya lupa linknya emoticon).

Syarat kedua,-tentu saja- anda harus mendownload file FLV yg diinginkan. Nah, di sini tantangannya. Kalo anda mencoba klik kanan video yg sedang diputar di browser, pasti pilihan "Save Link As" atau "Save Target As" nggak akan nampak di sana. Yah, itulah salah satu "kelebihan" flash yg nggak bisa begitu saja didownload langsung ke PC kita, salah satu alasan kenapa kita bisa mengkases begitu banyak video online secara gratis, di website yg banjir dengan iklan tentunya.

Beginners Method – FireFox Extension

Para pengguna Mozilla Firefox mungkin bisa sedikit lega dengan adanya program tambahan yg terintegrasi dengan browser(extension) yg memungkinkan penggunanya mendownload file-file FLV ini. Salah satunya yg terkenal adalah Video DownloadHelper yg 90% memungkinkan anda mendownload video dari situs-situs terkenal seperti YouTube, Google Video dll.

Video DownloadHelper Extension

Cara menggunakan DownloadHelper nggak susah. Setelah anda meng-install extension ini, akseslah situs video online yg anda inginkan. Lalu, perhatikan icon DownloadHelper di dekat address bar (yg seperti 3 bola). Kalo icon ini berwarna dan bergerak-gerak, berarti direct link untuk download sudah didapatkan. Cukup klik panah di sebelah kanan icon, lalu pilih file FLV yg ingin didownload.

Cara menggunakan DownloadHelper

Sebenarnya dulu ada cara lain yg lebih mudah untuk mendownload file FLV tanpa menggunakan DownloadHelper. Coba pada menu FireFox, anda pilih Tools – Page Info. Setelah jendela Page Info muncul, pilihlah tab ‘Media’. Nah di daftar itu anda bisa melihat media apa saja yg bisa didownload ke PC anda, mulai dari gambar sampai animasi flash. Tapi sekarang cara ini kayaknya sudah ‘kurang manjur’ untuk mendownload file-file video dari situs seperti Youtube dan situs populer lainnya. Bahkan setahu saya, video dari Layartancap.com juga sudah nggak bisa didownload dengan cara ini. Coba saja anda lihat, apakah ada file berekstensi flv pada daftar media tadi.

Saya tadi bilang kalau DownloadHelper bisa membantu anda mendownload video online dengan tingkat  keberhasilan hingga 90% karena, ternyata, ada beberapa situs video online, yg nampaknya mampu ‘menipu’ si ekstension tadi untuk memberikan direct link dari file video yg didownload ke pengguna. Entah bagaimana caranya (saya bukan programmer web), walaupun direct link-nya muncul, tapi file FLV yg diinginkan tetap nggak bisa didownload, malahan browsernya yg ngadat. Kalo udah gini gimana ?

Advanced Method – FireFox Cache

Cara alternatif -walaupun rada ribet- untuk mendownload file FLV adalah melalui browser cache. Cache adalah salinan website (atau komponennya) yg disimpan browser dalam sebuah folder sementara di harddisk. Salinan ini diperlukan agar browser tidak perlu mengakses ulang website yg bersangkutan setiap saat. Hal ini akan mempercepat waktu loading halaman web, karena tidak semua komponennya harus diakses berhubung salinannya sudah ada di harddisk.

Hal yg sama berlaku pada saat anda membuka halaman web yg berisi video online tadi. Sebelum video diputar, browser akan menyimpan salinan dari file FLV ke dalam cache di memori/harddisk. Proses ini umumnya dinamakan buffering/caching. Setelah caching dilakukan, video akan berjalan pada browser. Anda mungkin pernah melihat semacam progress-bar yg berjalan sesaat sebelum video diputar (walaupun anda pause), itulah proses di saat file FLV disalin ke browser cache. Jadi sebenarnya, pada saat video diputar, browser membaca file FLV yg sudah tersalin di cache pada harddisk, bukan semata-mata dibaca langsung dari website video online.

Proses Caching/Buffering Video

Sekarang, bagaimana caranya mengakses file FLV yg sebenarnya sudah tersalin di harddisk tadi ? Seperti yg saya sebut di atas, browser menyimpan cache pada suatu folder sementara di harddisk. Bila anda menggunakan Mozilla FireFox, anda bisa melihatnya pada folder (dengan asumsi anda menginstall Windows di drive C) :

C:Documents and Settings<user_name>Local SettingsApplication DataMozillaFirefoxProfiles<kode>.defaultCache

Oh ya, karena folder ini tersembunyi (hidden), anda harus menampilkannya terlebih dahulu melalui folder setting di Windows Explorer. Kalo anda perhatikan, folder ini berisi file-file dengan nama yg nggak jelas, umumnya berupa kode. Anda bisa menggunakan FireFox untuk menampilkan link menuju cache tanpa harus bingung dengan nama filenya. Caranya dengan mengetikkan alamat berikut pada location bar :

about:cache

Cara mengakses cache FireFox

Lalu pada bagian ‘Disk cache device’, pilihlah ‘List Cache Entries’. Browser akan menampilkan daftar link asal dari file yg telah disimpan sebagai cache. Untuk mencari file FLV yg anda inginkan, anda bisa menggunakan perintah pencarian yg sudah umum di FireFox. Cukup tekan Ctrl-F, lalu ketikkan ‘.flv’ pada search bar. Tekan Enter atau ‘Next’. Yg perlu diperhatikan di sini, nama file FLV yg anda cari bisa bervariasi, tergantung dari situs video online yg anda akses. Bisa saja anda mendapatkan nama yg jelas atau anda bisa juga mendapatkan nama file FLV dalam bentuk kode. Yg penting, anda ingat nama situs tempat anda mengakses file FLV tadi, misalnya anda mencari file FLV dari situs MySpace.com, maka carilah link file FLV yg di depannya ada link bertuliskan myspace.com.

Cara mencari file FLV pada cache

Setelah mendapatkan link file FLV yg diinginkan, klik link tersebut untuk melihat informasi detil dari file yg dimaksud. Kini anda bisa mengetahui lokasi dan nama file cache dari FLV yg anda inginkan pada bagian "file on disk". Anda bisa memeriksa langsung filenya di folder cache yg sudah saya tuliskan di atas dengan menggunakan Windows Explorer. Copy saja file FLV yg namanya masih dalam bentuk kode tadi ke suatu tempat di harddisk, lalu rename dan tambahkan ekstensi ‘.FLV’ di akhir file. Kini anda bisa memutar file FLV secara offline dengan player, tentunya kalo anda sudah meng-install codecnya.

Lokasi file cache dan direct link untuk download 

Sebagai tambahan, pada bagian ‘key’, anda juga akan memperoleh satu link lagi, kali ini merupakan direct link bila anda ingin mendownload file FLV tadi langsung dari situsnya.

Tentu saja trik ini tidak hanya berlaku untuk file FLV, tapi juga file-file lain, mulai dari file web (html,css), animasi flash (swf), gambar (jpg, gif, png, ico dll) dan tentu saja mp3.

Ultimate Method – Cache Changes

Teknik browser cache tadi memungkinkan anda untuk mengunduh file FLV dengan tingkat keberhasilan hingga 99%. Berarti masih ada kemungkinan gagal dong ? Dengan berat hati, jawabannya YA.

Sejumlah kecil situs video online tampaknya sudah menemukan cara agar entri cache file tidak bisa dilacak hanya dengan melihat cache list dari browser. Saya jg nggak tau gimana persisnya, tapi tampaknya file cache ini segera dihapus beberapa saat setelah proses caching selesai dilakukan. Buktinya, setelah halaman web yg memuat video di-refresh, proses caching kembali dilakukan, akibatnya loading video jd lebih lama karena salinan di harddisk langsung dihapus begitu video selesai diputar atau ketika anda menutup halaman web yg berisi video tersebut.

Kalo udah gini, cara terakhir (yg menurut saya rada maksa) adalah dengan melihat perubahan pada folder cache dan jam pada system tray Windows. Coba anda masuk ke folder cache FireFox, lalu perhatikan file-file di sana. Kemudian urutkan file-file cache ini berdasarkan waktu modifikasinya (Date Modified) dengan mengklik tab ‘Date Modified’ sehingga tanda panahnya menuju ke bawah (descending). Sekarang file-file ini sudah terurut berdasarkan waktu terakhir kali file tersebut dimodifikasi. File yg paling atas adalah file yg paling baru dimodifikasi (lihat saja tanggal dan waktunya). Anda bisa abaikan file-file yg namanya ada embel-embel ‘CACHE’, perhatikan saja file yg namanya dalam bentuk kode huruf dan angka.

Sekarang bukalah halaman web yg berisi video online dan tunggulah sampai video diputar. Begitu video diputar, kembali ke folder cache, lalu refreshlah isi folder tersebut. Perhatikan dengan seksama, apakah ada file baru yg muncul di folder tersebut dengan waktu modifikasi yg paling baru. Misal anda mengakses halaman web berisi video, dan video tersebut diputar jam 22.30 (perhatikan jam dekat system tray Windows), biasanya akan muncul file baru pada folder cache dengan waktu modifikasi yg sama, yaitu pada jam 22.30. Bisa ditebak kalo file inilah yg menjadi cache dari file FLV yg sedang diputar. Coba anda refresh lagi folder cache (bukan halaman web yg ada videonya ya), ukuran file tadi biasanya akan berubah menjadi lebih besar, karena saat itu browser masih melakukan caching pada file FLV yg sedang ditampilkan.

Perhatikan perubahan file cache 

Begitu video selesai dicache/diputar pada browser, kembalilah ke folder cache secepat mungkin, lalu copy segera file cache td ke tempat lain pada harddisk. Kenapa harus cepat ? ya karena itu tadi, file cachenya akan segera dihapus begitu caching selesai alias video selesai diputar.

Ribet ya ? Memang. Tapi sebenarnya urusan download-mendownload file FLV ini bisa mengasyikkan sekaligus bikin penasaran. Apalagi kalo misalnya anda nggak bisa mendownloadnya dengan cara biasa. Tapi dari tulisan saya yg singkat ini, ada satu hal yg pasti,

Program terbaik untuk mendownload file FLV adalah browser anda sendiri emoticon

Selamat mencoba.

———————-

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Flv
http://en.wikipedia.org/wiki/Caching
http://en.wikipedia.org/wiki/Data_buffer
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3006
http://all-streaming-media.com/faq/recording-media-stream/faq-record-download-capture-save-flash-flv-video-http.htm
and of course …. my own experience with FLV downloading stuff.

February 27, 2008 - Posted by | Bhs Indonesia, Guide, IT, Thought and Opinion

27 Comments »

  1. sangat2 benar2 sungguh2 bermanfaat. thx.
    om, minta eAthena doonk^_^

    Comment by some1 | March 19, 2008 | Reply

  2. @ some1 : Liap aja posting saya tentang RO offline. Di situ ada linknya buat downloadnya kok🙂

    Comment by A3 | March 19, 2008 | Reply

  3. wahh,thxs bgt bro..

    kl download free counterstrike with bot gmn ya??

    Comment by aji | April 17, 2008 | Reply

  4. wakh … temuan ku ternyata sudah ada yg gunain duluan to:mrgreen:

    biasanya aq pake cache juga lhooo …
    entah itu di winblows maupun linux …
    intinya simple aja … cari file yg paling gede …
    udah deh tinggal rename jadi *.flv trus convert ..

    Ardhi Says :
    “Hehehe …. that’s too bad:mrgreen:

    Comment by dheanet | June 12, 2008 | Reply

  5. hiiiiiiiiiiiiiii

    Ardhi Says :
    “Hi juga😉 “

    Comment by imerrcio | July 3, 2008 | Reply

  6. salam kenal bro..
    gw cuma mo nambahin aja…
    kalo mo tau cara download dari layartancap.com silahkan masuk ke blog gw aja. semoga bermanfaat

    Comment by sampepuas | July 15, 2008 | Reply

  7. maaf, saya juga punya cara sendiri untuk men-download file flv, situs keepvid.com biasanya yang saya pakai. namun, situs ini hanya dapat saya gunakan untuk situs2 yang berskala internasional seperti google, youtube, bliptv. untuk situs2 lokal seperti okezone, kompas, atau layartancap yang anda sebutkan tadi, saya belum berhasil men-downloadnya.
    tingkat kesuksesannya sih lumayan, belum pernah gagal.. ups! pernah sih, tapi karena saya males nunggu proses download yang agak lama ^_^.
    silakan mencoba!!!

    Ardhi Says :
    “Yap, ada banyak cara untuk mendownload FLV. Yg saya tulis ini kebetulan memang lebih diperuntukkan bagi pengguna Mozilla Firefox. Untuk pengguna browser lain bisa mencoba cara yg anda sebut tadi🙂 “

    Comment by anin | July 24, 2008 | Reply

  8. terimakasih bayak kamu hebat kalau boleh email ketempat saya yah, saya salut sama kamu

    Comment by fenmeos | August 21, 2008 | Reply

  9. it’s a very useful information.
    Thanks for sharing.

    Ardhi Says :
    “You’re Welcome🙂 “

    Comment by olive | August 27, 2008 | Reply

  10. kk adobeflash playernya ada pengaruh ngak ma bufferingnya??

    misalnya kita pake adobeflash player yang veris di bawah versi 9…

    terus bufferingnya lebih cepet versi 9 atau di bawahnya atau ngak ada pengaruhnya sama sekali???

    cuma pengaruh koneksi aja??

    Comment by Hendry | September 10, 2008 | Reply

  11. saya sudah menginstall k-lite mega codec
    tapi kenapa tetep gak bisa muter file *.flv
    apa mesti komputer terinstal mozilla firefox

    pernah juga cuma kedengaran suara aja.
    gambar gak ada

    ada solusi gak bos…

    Comment by ighel | December 15, 2008 | Reply

  12. kk,….
    harus di add yah apps na ke firefox na dolo baru isa di DL???

    Comment by dede | January 13, 2009 | Reply

  13. very usefull mas.

    Comment by ina kokasih | July 5, 2009 | Reply

  14. mas klo mo donlot video dari http://www.zeniusmultimedia.com/site/students/tips&demo.php itu kira2 gimana ya mas?

    ditunggu postingannya.

    Comment by ina kokasih | July 5, 2009 | Reply

  15. trims buanyak mas.. saya sudah ters tadi… dan Alhamdulillah bisa…

    Comment by aris | August 4, 2009 | Reply

  16. ka klo misalkan mau donload film di situs racer x online.com…gimana ya caranya?….soalnya udah mumet nie…ga bisa2 udah coba pake keepvid juga ga bisa…tolong kasih tau caranya….penting nie ka …buad latihan…heu heu

    tolong ka jawabannya kirim ke email ini: rachmanara@yahoo.com
    terimakasih ya ka sebelumnya….

    ara rachman in bandung…..

    Comment by ara rachman | August 5, 2009 | Reply

  17. That is known that money makes people independent. But how to act when somebody doesn’t have money? The one way is to try to get the loans and credit loan.

    Comment by LucyHarmon | March 18, 2010 | Reply

  18. mantab gan infonya, kunjungi juga download ebook gratis🙂

    Comment by Download Ebook Gratis | July 12, 2010 | Reply

  19. I just linked this article on my facebook account. it’s an interesting read for everyone.

    Comment by Eli | September 18, 2010 | Reply

  20. mas………aku dah gunakan cra terakhir, tetapi ada situs tertantu yang membatasi cache, misal seumpama…..ukuran video flash nya 100mb, tetapi pada disk cache terbatasi cman mpe 65mb, padahal pada settingan di mozilla ukuran max untuk cache sudah ku ubah ke 200mb. mohon bantuanya.

    Comment by mico | January 4, 2011 | Reply

  21. klw mendownload video dari zeniusmultimedia.com
    gmna cara nya gan???

    Comment by dave | February 2, 2011 | Reply

  22. Don’t you know that this is correct time to get the loan, which can help you.

    Comment by loan | February 10, 2011 | Reply

  23. thx bro,,, biar ribet tapi lebih asik,, bikin penasaran,,

    Comment by ari | February 23, 2011 | Reply

  24. menarik gan… oh ya kode yang ada di folder itu namanya kode heksa.yang terdiri dari bilangan biner “1010101010100” tapi udh di konversikan krn bit heksa hanya sampai 15 aja “1-F” spy ga makan memory banyak dalam penulisannya… ^^

    Comment by gagat | March 13, 2011 | Reply

  25. pake IDM atau orbit juga kayaknya bisa

    Comment by JAGO | March 16, 2011 | Reply

  26. busyet!!! ribet bgt om yg terakhir.
    tp brmanfaat jg. Thanx a bunch om^^

    Comment by syihab | September 10, 2011 | Reply

  27. wah thanks banget ya mas jadi bisa download film naruto and one piece

    Comment by teguh bayu | November 22, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: