Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Basilisk – The Kouga Ninja Scrolls

Film (anime) ini mungkin adalah salah satu yg terbaik yg pernah saya tonton. Jalan ceritanya nyaris sama dengan film Shinobi ~ Heart Under Blade yg pernah ditulis di blog ini, karena memang keduanya berasal dari sumber yg sama, yaitu novel The Kouga Ninja Scrolls (Kouga Ninpouchou) yg ditulis oleh Futaro Yamada pada tahun 1958. Anime ini sendiri merupakan adaptasi dari manga (komik) dengan judul yg sama, karya Masaki Segawa, yg sempat memperoleh Kodansha Manga Award pada tahun 2004.

 

Kalo anda belum pernah atau sudah sempat nonton film live-actionnya (Shinobi ~ Heart Under Blade) tapi merasa masih kurang jelas dengan jalan ceritanya, coba deh nonton anime yg terdiri dari 24 episode ini. Semuanya pasti jadi lebih clear setelah nonton versi animenya🙂. Buat yg belum pernah nonton, berikut jalan ceritanya.

———- Spoiler Starts Here ———–

Kouga Manjidani dan Iga Tsubagakure adalah dua klan ninja yg sudah menjadi musuh bebuyutan selama ratusan tahun. Kebencian dan pertumpahan darah antara kedua klan yg terjadi berabad-abad akhirnya berakhir setelah Hattori Hanzo berhasil "mendamaikan" keduanya untuk dijadikan abdi Tokugawa Ieyasu (Shogun pada saat itu). Walaupun dalam suasana damai, kedua klan pada dasarnya masih saling membenci satu sama lain.

Ninja of Kouga Manjidani 

Pada tahun 1614, terjadi kekisruhan untuk menentukan siapa pewaris tahta Ieyasu selanjutnya. Ieyasu sendiri sebenarnya telah menyerahkan tahtanya kepada putranya, Tokugawa Hidetada. Yang jadi masalah adalah, siapa selanjutnya yg meneruskan tahta setelah era Hidetada berakhir, karena Hidetada memiliki dua orang putra dari istri yg berbeda.

Untuk mencegah perpecahan dalam lingkungan istana dan negerinya, Ieyasu (berdasarkan nasihat pendeta Nankoubou Tenkai) memerintahkan untuk kedua klan ninja, Kouga dan Iga, untuk mengakhiri perjanjian damai mereka. Kedua klan harus mengirimkan 10 ninja terbaik untuk saling bertarung sampai mati. Masing-masing klan mewakili cucu Ieyasu yg akan menjadi pewaris tahta Shogun, jadi, klan yg berhasil membunuh 10 ninja terpilih dari klan lainnya akan menentukan siapa Shogun selanjutnya.

Ninja of Iga Tsubagakure 

Masalah mulai timbul antara kedua klan, bahkan sebelum turnamen dimulai, karena cucu kedua pemimpin klan ini, Kouga Gennosuke dan Iga Oboro, jatuh cinta satu sama lain dan berniat menikah untuk mengakhiri kebencian antara Kouga dan Iga yg telah terjadi selama berabad-abad. Setelah Ieyasu memerintahkan untuk mengakhiri perdamaian antara kedua klan, keduanya harus menghadapi pilihan yg sulit, antara cinta atau kelangsungan hidup klannya masing-masing.

——— Spoiler Ends Here ———- 

Akeginu of Iga, The Killing Beauty 

Kalo anda sudah pernah nonton film Shinobi, pasti anda tau apa saja perbedaan antara versi live dan animenya. Kalo di filmnya, ninja dari masing-masing klan cuman ada 5, nah kalo di anime, ada 10 ninja dari masing-masing klan. Tiap ninja punya ilmu dan kemampuan yg unik satu sama lain. Misalnya, ninja-ninja dari Kouga umumnya memiliki spesialisasi pada teknik infiltrasi dengan ilmu-ilmu penyamaran dan senjata rahasia. Ninja-ninja Iga sendiri memiliki teknik yg lebih ofensif untuk menghadapi pertarungan langsung. Buat anda yg menyukai adegan-adegan pertarungan, anda pasti akan puas menyaksikan anime ini mulai dari episode pertama hingga akhir.

Yashamaru of Iga on action 

Bagian lain yg saya suka dari anime ini selain ceritanya adalah ending dan OSTnya. Endingnya, ng… gimana yah, sebenarnya sad ending sih, cuman menurut saya jauh lebih baik daripada endingnya film Shinobi. Gimana dengan OSTnya ? TOP BGT ! Pas banget dengan animenya. Oh iya, ada bagian anime yg rada "nyerempet-nyerempet" hentai gitu, terutama untuk ilmu rahasia para kunoichi (ninja wanita), seperti Kagerou emoticon dan Okoi emoticon dari Kouga atau Akeginu emoticon dari Iga. Makanya, sebaiknya film ini ditonton sama yg udah 17 tahun ke atas yah.

Untuk OST dari anime ini anda bisa download di Gendou.com

My rating for this anime: 9.5 of 10 emoticon 

December 10, 2007 - Posted by | Bhs Indonesia, Movies

6 Comments »

  1. film ini bagus bgt,ada film yg kaya gini lg ga y sekarang?

    Comment by jony | June 24, 2008 | Reply

  2. wah, iya
    saya udh nonton animenya
    sedih banget deh endingnya

    Comment by mel | May 4, 2009 | Reply

  3. i m zerfa ilove basilisk

    Comment by sidou | June 25, 2009 | Reply

  4. mana link downloadnya bro?

    Comment by dendra555 | September 8, 2011 | Reply

  5. http://rinukanwa.blogspot.com/ bro kalo mau download anime di blog gw aja!! gratis bro!!

    Comment by rinukanwa | September 23, 2011 | Reply

  6. Kak punya link-nya gak nih? Aku udah nonton sih dua-duanya, baik anime atau live action sampe tamat. Cman pngin nonton lagi hiks…
    Btw soundtrack ending animenya emg cocok banget “hime murasaki” yang juga dinyanyiin sama Nana Mizuki seiyuu-nya si iga oboro

    Comment by Novya | July 1, 2016 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: