Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Unique Things about Bali

Pantai Legian 

Kalo anda biasa ke Bandung, anda pasti sudah tau kalo di sana yang namanya jajanan itu gampang di dapat dan murah-murah, entah itu batagor, kupat tahu, lotek atau sekedar bala-bala. Sampai-sampai ada yang bilang kalo anda turun dari angkot di Bandung, dalam radius 10 meter, pasti ada aja orang yg jual jajanan. Mungkin karena hal itu, banyak orang bilang kalo Bandung itu surganya orang yg kepingin shopping, termasuk berburu makanan murah dan enak.

Tapi, bukan Bandung yg kepingin saya tulis kali ini, saya yakin banyak yg udah pernah ke Bandung. Kali ini saya mau nulis tentang Bali, The Island of Gods.

Matahari Terbenam di Pantai Kuta 

Siapa sih yg nggak tau Bali ? Pulau dewata, yang kemahsyurannya sudah melanglang buana sampai mancanegara. Saya sendiri baru dua kali dapat kesempatan ke sana. Maklumlah orang miskin … hehehe … Mungkin anda sudah pernah ke sana lebih dari 10 kali ya ? Tulisan ini juga saya buat cuman buat berbagi pengalaman buat yg blom pernah ke Bali, jd maaf aja kalo ada pernyataan yg keliru ya, mohon dikoreksi😉

Langit Bali yg Cerah 

Berikut beberapa hal unik yang saya alami selama di Bali :

  1. Susah cari taksi di Bandara. Yang ada kebanyakan taksi borongan alias nggak pake argo. Anda sebenarnya bisa menggunakan jasa taksi bandara, tapi ongkosnya bisa dua kali lebih mahal dari harga normal. Kalo mau cari taksi yg murah lebih baik di luar bandara, artinya anda harus jalan kaki kurang lebih 100 m dr terminal kedatangan.
  2. Banyak Orang Asing di Bali. Iya semua juga udah tau kalo banyak orang asing di Bali. Tp jumlahnya ternyata melebihi yg saya bayangkan. Pernah saya ajak ngobrol orang, ternyata bukan orang Bali, tp orang Jepang yg sudah tinggal 10 tahun tinggal di Bali. Bahasa Indonesianya luar biasa fasih. Ck ck ck … emoticon
  3. Susah cari jajanan murah. Kalo anda menginap di sekitar Kuta atau Legian, mencari pencari penjual makanan keliling seperti bakso atau nasi goreng sama halnya seperti mencari jarum dalam jerami alias susah banget. Yang ada malah restoran atau pub yg menjamur di pinggir-pinggir jalan. Tau sendirilah harganya berapa, makanannya rata-rata di atas 20 ribu.
  4. Nyaris nggak ada angkot. Nah, buat yg biasa pake angkot yg murah-meriah, siap-siaplah kecewa. Di Bali, khususnya Kuta atau Legian, yg namanya angkot itu jarang banget terlihat. Tapi bukannya di sana nggak ada angkot ya, menurut salah satu rekan saya, angkot tetap ada di Bali, orang sana menyebutnya bemo kalo nggak salah. Kok bemo ya ? emoticon
  5. Banyak anjing di Bali. Pernah suatu tengah malam, waktu jalan-jalan di Kuta, saya sempat kaget setengah mati. Pasalnya, di tengah jalan yg sudah sepi dan lengang, tiba-tiba muncul gerombolan anjing yg melintas. Jumlahnya mungkin lebih dari 10 ekor. Nggak cuman di jalan, di pantai anda juga bisa melihat banyak anjing. Entah ada pemiliknya atau nggak.
  6. Banyak sepeda motor di Bali. Karena angkot jarang ada, biasanya masyarakat Bali lebih mengandalkan kendaraan roda dua untuk berpergian. Motor-motor ini juga biasanya disewakan untuk turis yang datang.
  7. Ada masakan Padang, Sunda, Betawi dll di Bali. Cuman harganya juga lebih mahal dr harga normal.
  8. Banyak Germo/Calo di Bali emoticon. Bukannya mau menjelek-jelekkan Bali ya, cuman kok tiap saya jalan-jalan, entah itu siang atau malam, pasti ada aja yg "berbaik hati" menawarkan cewek ke saya. Nggak masalah sih sebenarnya, asal gratis …. heheheh …. emoticon
  9. Bali surganya belanja. Kalo ini pasti udah pada tau semua. Sama seperti Bandung, barang-barang seperti pakaian atau souvenir di Bali relatif mudah ditemui dan murah. Joger adalah salah satu contohnya. Cuman hati-hati aja kalo belanja ya, ingat-ingat duit, jangan kelewatan belanjanya emoticon.
  10. Internet Gampang di Bali. Berita gembira buat yg doyan internetan. Umumnya akses internet banyak tersedia di hotel atau restoran (wifi). Kalo mau yg murah, warnet juga banyak dan umumnya buka sampe lewat tengah malam. Beberapa warnet bahkan buka sampe 24 jam.
  11. Bali surganya seafood. Kalo soal seafood, Bali bisa dibilang yg terbaik dari yang pernah saya coba. Nggak cuman itu. Pernah nyobain makan malam di pantai Jimbaran ? Meja-meja ditata menelusuri pasir pantai sampai sepanjang kira-kira 1,5 km dan hanya diterangi cahaya lilin, beratap langit malam, dihembus angin dan bermusikkan ombak. Romantis emoticon.
  12. Cuaca di Bali relatif cerah setiap hari. Nggak kayak Jakarta yang kemarin di hantam thunderstorm, cuaca di bali relatif stabil dan cerah, hujannya biasanya malah tengah malam. Buat mahasiswa meteorologi yg lagi tugas akhir, nggak ada salahnya ngambil studi kasus tentang Bali, lumayan kan. Siapa tau bisa sekalian liburan emoticon.
  13. Banyak Libur di Bali. Ini yg saya alami kemarin. Pas lagi keluar jalan-jalan, kok jalanan pada sepi, padahal nggak ada libur nasional. Ternyata kemarin itu hari raya Pagarwesi untuk umat Hindu. Biasanya pada hari-hari kayak gini, yg libur biasanya cuman orang yg beragama Hindu, yg Muslim, Kristen atau lainnya tetap kerja. Masih banyak hari raya lainnya kayak, Nyepi, Galungan, Saraswati dll. Kalo dihitung-hitung, jumlah hari libur (fakultatif istilahnya) buat umat Hindu di Bali bisa sampe 2 minggu, kurang lebih sama dengan jatah cuti untuk setahun bagi orang non Hindu emoticon ! Mungkin karena itu sampe ada istilah seperti "EVERYDAY IS HOLIDAY IN BALI". Tapi emang sih, walaupun nggak libur juga, tiap hari jadi kayak hari minggu kalo di Bali emoticon.

Salah satu sudut Legian di senja hari 

Untuk sementara itu hal-hal unik yg sudah saya alami di Bali. Kapan ya bisa ke Bali lagi ?????

November 15, 2007 - Posted by | Activity, Bhs Indonesia, Thought and Opinion

12 Comments »

  1. gua suka fakta nomer 2..

    gua baru sekali sih ke bali, tapi cukup kenyang lah ngecengin bule2 di kute, kekekekek…

    Comment by rime | November 16, 2007 | Reply

  2. Kalo gw, fakta no.8 …. hahahahah … becanda ding

    Comment by A3 | November 16, 2007 | Reply

  3. ga smua begitu, asal anda tau aja..
    rata2 germo di bali adalah orang luar alias dari luar pulau baali…gaa nutup kemungkinan kalau anda hijrah k bali and keabisan dana/uang paling2 anda akan mlakukaan hal yg sama alias anda jdi germo dan yang parahnya mungkin anda jual cewek/istri anda sndiri.

    Comment by made | March 8, 2008 | Reply

  4. to the point aja,
    klo emang anda smua beri coment tentang bali yg enggak2 lebih baik anda tutup mulut and ga usah ke bvali.
    baali adalah surga dari smua orang yang ingin holiday
    baali tempat orang menikmati holidaay jaadi suka gak suka,complaint atau apalah klo anda ga suka jangan injak pulaau baali….

    Comment by made | March 8, 2008 | Reply

  5. @ made : Well, as i said before, saya nggak ngejelek2in bali kok, wong saya cinta bali juga. Yg saya tulis itu cuman kesan pertama saya, waktu saya ke bali, dan kebetulan ‘hal-hal seperti itulah’ yg kebetulan temui saya di sana. Tentang masalah kebanyakan germo dr luar bali … yah, mungkin anda lebih banyak tahu dr saya. Jadi harap maklum, tulisan ini dibuat berdasarkan sudut pandang orang yg baru satu-dua kali datang ke bali, bukan untuk menjelek2an bali. Peace🙂

    Comment by A3 | March 9, 2008 | Reply

  6. eMg eNx s!eH yG n5Ne pUlAu dEwAtA….
    tP sEenGgAkX qTa kn Dh Tw yG n5nE bAli

    y0w t0w???????????

    Comment by guest 1994 | May 5, 2008 | Reply

  7. 1. smua taksi bandara pasti lebih mahal. alternatifnya adalah: pergilah ke terminal keberangkatan dan stoplah taksi disana. sopir2 taksi itu pasti ngerti kemauan Anda…

    2. jumlah penduduk di Bali tetaplah mayoritas orang Bali dan pendatang dari luar Bali yang masih WNI. sebagian kecilnya barulah pekerja asing…

    3. Disini banyak banget makanan murah, misalnya aja nasi jinggo yang menjamur di pinggir2 jalan. lain kali klo cari makan jgn lirik restonya, tp perhatiin yang di pinggir jalan dimanapun Anda berada…

    4. Di daerah wisata jelas ga ada angkot, karena bikin macet jalanan. Alternatifnya: ojek ato motorTAXI. kalo ke kuta, cukup naik komotra dari central parkir. Kalo di kota (Denpasar) ada angkot untuk beberapa jalur. Disini peminat angkot cuma dikit…

    5. Banyak anjing di jalanan sepanjang Bali menandakan bahwa untuk hidup di Bali tidaklah sulit, asal bisa keep survive…

    6. Banyak motor di Bali itu karena jalanan di Bali rata2 satu jalur dan sempit, jadi kalo macet ya sudah… Makanya, sepeda motor jadi alternatif, terutama matic.

    7. Makanan non Bali yang dijual disini ga semuanya mahal, tergantung dimana Anda belinya. Saya rasa dimana-mana juga sama, harus pinter pilih2…

    8. Kalo germo ato calo, saya rasa ga cuma di Bali. meskipun ada juga germo ato calo yang orang bali asli, tapi itu hanyalah bumbu kehidupan pariwisata di Bali *yang katanya surga dunia*.

    9. Untuk urusan belanja, sapa bilang joger murah? yang murah teteplah di pasar dan tentunya harus pinter2 nawar. Di pasar manapun kalo kita ga jago nawar, pasti jatohnya mahal juga…

    10. saya setuju kalo internet di Bali mudah. cukup pesen makan di Tiara (Dewata, Kuta Galeria, Gatsu) kita bisa ngenet gratis sepuasnya. Dan masi banyak titik2 hotspot lainnya…

    11. Kalo urusan seafood, tetep Surabaya adalah gudangnya. Dan di tiap kota pasti banyak penjual seafood. Kalo jimbaran/kedonganan itu cuman ciri khas suatu obyek wisata…

    12. Cuaca di bali ga selalu cerah, tergantung musimnya. kalo musim ujan ga mungkin cerah terus…

    13. Saya setuju kalo di Bali banyak libur, tapi itu bukan berarti org bali lebih suka libur ketimbang beraktivitas. banyak juga toko2 ato kantor yang tetep buka di hari libur.

    Hmm… uda ah cukup komennya. semoga lebih berguna😀
    Eh ada lagi, jangan lupa nyobain jajan lumpia di Bali. hampir di semua pantai ada penjual lumpia, termasuk di lapangan Renon dan puputan badung.
    6.

    Comment by fenfen | May 7, 2008 | Reply

  8. @ guest 1994 : Thanx for stopping by.
    @ fenfen : hmm … mungkin komen dr anda lebih tepat drpd saya. Maklum baru beberapa kali ke Bali. BTW, thanx for the comments🙂

    Comment by A3 | May 7, 2008 | Reply

  9. emang seru tuch bali….
    gw ja yng sklh disn jrng jln2…
    hbis udh sering jln2 dibali…
    khekhekhe..
    bgi yang blum kebali nuruan dteng…

    pokok na dijamin seru bro…

    Comment by kasafria kurniawan | February 1, 2009 | Reply

  10. Gw ada temen orang Eropa, dia liburan ke Bali, first impression dia buruk.
    1. Menurut dia Bali pantainya udah kotor terpolusi,
    2. Banyak orang asing yg terkesan ga menghargai budaya lokal
    3. Yg paling dia ga suka itu penjual dipantai yg rada maksa, dia jadinya ga bisa liburan santai.
    Tapi dia akui dia salah milih tempat, soalnya sebelum berangkat udah saya kasih rekomendasi untuk ke Lombok aja.

    Comment by yudha | February 4, 2009 | Reply

  11. hey, hati2 kalo ngomong…
    BALI (Bersih Aman Lestari Indah)
    saya ini anak Bali asli…
    jd saya tau Bali yg sbenar’na kea apa…
    Anda jgn suka ngarang gt…
    saya tau anda iri sama Keindahan pulau Dewata…

    pake blg Bali to kotor, terpolusi, Banyak orang asing yg terkesan ga menghargai budaya lokal lagi…
    fakta mengatakan 100% wisatawan asing d Bali mengatakan kalau masyarakat Bali to cinta akan perdamaian, ngga suka demo, ramah, bersihg & menyenangkan…

    kalau masalah penjual yg suka maksa to sich biasa…
    namana jg org jualan…
    dasar BEGO…
    ngga usah lebay deh jd orang…

    12oktober taon 2002 bali di Bom oleh amrozi dkk…
    mereka adalah orang yg iri dgn keindahan pulau bali & salah satunya pulau yg menjadi daya tarik wisatawan seluruh mancan negara di dunia…

    ANDA CAMKAN ITU…

    Comment by T-Rex Psycho | March 6, 2009 | Reply

  12. Some time ago, I needed to buy a car for my business but I did not earn enough cash and could not order something. Thank heaven my brother suggested to try to get the loan at creditors. So, I acted that and was satisfied with my short term loan.

    Comment by LizaTran | July 25, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: