Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Bubarkan saja IPDN !!!

Kekerasan IPDN 

IPDN lagi … IPDN lagi. Entah apa yang ada di benak para praja IPDN ini. Bukannya mengurangi atau menghilangkan aksi kekerasan yang sudah mendarah daging di institusinya, eh malah menambah daftar panjang korban yg tewas karena penganiayaan para prajanya. Korban yang apes kali ini bukan praja IPDN sendiri, melainkan warga lokal di Jatinangor. Masalahnya juga sepele, cuman gara-gara api rokok korban yang tidak sengaja mengenai salah seorang praja, akhirnya si korban dikeroyok sampe akhirnya meninggal dunia setelah sebelumnya sempat diselamatkan satpam di lokasi kejadian.

Belum lepas dr ingatan, kematian Cliff Muntu, praja IPDN yang dianiaya rekan-rekannya sendiri. Sekarang malah warga non-IPDN yang jadi korban. Ini sudah jadi bukti yg nyata kalo IPDN sudah benar-benar ‘sakit’ luar dalam. Mulai dari Rektor sampe Praja kayaknya sudah menjadikan kekerasan sebagai ‘menu’ harian mereka. Seperti yg sudah-sudah, mereka seolah dengan santainya melakukan aksi tutup mulut atas kejadian yang melibatkan praja-prajanya. "Penganiyaan itu kan masih dugaan … " itu kata yg keluar dari mulut orang-orang ‘kuat’ IPDN, tanpa sadar kalo masyarakat luas sudah muak dengan kelakuan arogan dan brutal mereka.

Saya dulu termasuk salah satu orang yang kurang setuju kalo IPDN dibubarkan, karena menurut saya itu nggak akan menyelesaikan masalah. Tapi kejadian kemarin akhirnya mengubah pendapat saya terhadap IPDN. Enough is enough.

Institusi ini harus dibubarkan !!! 

Mungkin ini nggak akan menyelesaikan masalah secara langsung, tapi setidaknya pembubaran IPDN akan menghentikan kebrutalan yang seolah sudah jadi trademark IPDN, termasuk sikap arogan para pimpinan institusi yg berada di bawah Departemen Dalam Negeri ini. Kalaupun dipertahankan, saya pikir masyarakat sudah tidak lagi menganggap IPDN sebagai tempat yang ‘aman’ untuk menjamin masa depan putra-putrinya, ditambah lagi sebagian kepala daerah di beberapa propinsi sudah menyatakan tak akan mengirim kontingen dari daerahnya untuk menimba ilmu di IPDN. Ibaratnya, IPDN sudah di-blacklist oleh masyarakat luas. Kalo sudah nggak ada kepercayaan dr masyarakat luas, buat apa dipertahankan lagi kan ??

Semoga pemerintah bisa mengambil langkah yang benar dalam menyikapi kejadian ini. Jangan terlena dengan nama besar IPDN di masa lalu. Pandanglah dengan hati nurani. Bagaimana bila putra-putri anda mengalami nasib yg sama seperti korban-korban IPDN sebelumnya, yg kasusnya seolah ditutup2i ? Apakah anda tetap akan diam saja ? Gimana mau jadi lurah, camat atau gubernur kalo sejak awal sudah dididik seperti pembunuh ? Mau jadi apa bangsa ini kalo pemimpinnya brutal seperti itu ?

July 23, 2007 - Posted by | Bhs Indonesia, Thought and Opinion

33 Comments »

  1. IPDN lebih baik di bubarkan aja karena kalau di lihat apa yang terjadi mereka bukan calon birokrat lagi mereka adalah calon penjahat……..

    Comment by bruce | March 21, 2008 | Reply

  2. IPDN…FuckinG bUsYet..
    maSuk suSah2 dSana mAlah diAniaYa,,,LihatLah tAruna2 miLiter bGitu GagahNya tAnpa diAniaya…

    Comment by roZak | May 29, 2008 | Reply

  3. mOtheR fuCker oF IPDN…..
    suKanyA ngAniaya,,coBa kLo qM dgiTukan ,,saKit g’RasAnya

    Comment by roZak | May 29, 2008 | Reply

  4. menurut gw !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! bukan sekolahnya yg di bubarin tapi siswa2nya yg menganiaya yg harus dikasih sanksi seberat-beratnya atas apa yg mereka perbuat……………

    Comment by v3 | November 22, 2008 | Reply

  5. kalo emang laki-laki ya satu2 donk,,,,,,, tapi kalo bencong ya kayak lo lo pade, pakek kroyokan kayak setan belang. bencong,,,,,,,,, dasar bencong.

    Comment by wong edan | November 24, 2008 | Reply

  6. Sebenarnya, tu sekolah untuk latihan smack down, apa…..?
    pantasan manusia-manusia yang tamat dari IPDN cuman menang fisik, dan mempunyai moralitas yang benar-benar jorok.
    tutup aja tu IPDN yang memalukan.

    Comment by berth | February 8, 2009 | Reply

  7. menurutku sekolahnya jangan di bubarin.soal kasus penganiayaan itu,para pelakunya aja yang di sanksi seberat2nya.IPDN berubahlah menjadi yang terbaik

    Comment by ade | March 2, 2009 | Reply

  8. IPDN, Institut Preman Dalam Negeri. Mw jd apa sie sekolah menggunakan praktek kekerasan ky gt??!! mw jd camat aja kok repot bnget!! msti digebukin ky gt!! mank mw jd camat dmn toh? kok pake pelatihan fisik segitunya??!!
    kalo mw sok jd preman, sna dijalanan adu fisik sm preman beneran, berani kagak?? jgn beraninya ama junior doang!!! dasar praja senior ipdn semua nya gila!!!!

    Comment by fiska | March 6, 2009 | Reply

  9. satu lagi….
    percaya ato gak percaya, staf-staf ipdn semuanya tau mengenai kekerasan yang slalu terjadi di dalam sekolah sok preman itu!!! boong banget kalo blang ga tau-menau soal gojlokan fisik ky gitu!! orang dalam ipdn juga semuanya pada ga waras-waras. sekolah kok isinya orang-orang yang ga beres semua!!!

    Comment by fiska | March 6, 2009 | Reply

  10. IPDN? Jangan Loe siska ya kk gUa kaLo maSuk T4 Loe!!!

    Comment by NaTha Hheee... | March 16, 2009 | Reply

  11. ak g berharap IPDN di bubarin,cm yang terpenting IPDN itu bth perbaikan yang sempurna,mulai dr praja2ny yang bth ttg sentuhan keagamaan.bth pengertian dr orang tua.Awal tndk ke2rasan bz berawal dr ling keluarga,krn bersosialisasi pling utama adlh dlm keluarga.

    Comment by ressa yuniar | May 18, 2009 | Reply

  12. kalaw kata ak mah…
    lebih baik anak2 yang nakal alias badung itu di keluarin & nanati pas penerimaan praja baru seleksi dulu, mana yang baik n yang jahat.jadi kalaw nak IPDN yang diterimanya yang baik2 ga bakalan deh ada yang macam-macam.
    bener ga?????

    Comment by dede | July 19, 2009 | Reply

  13. IPDN sich sebaiknya jgn d bbrin dech, lebih baik di perbaiki saja kan…………..
    di perbaiki maksudnya didalam ospek KEKERASAN tidak ada lagi atau kata lain kekerasan di Hapus…………..

    Comment by amy | August 28, 2009 | Reply

  14. aku orang yang paling gaQ setuju klo IPDN dibubarin,, Tau kenapa??
    cz IPDN tu institut yang aku impi2kan sejak dulu,,,

    Comment by laxmi B.A.p.R | December 26, 2009 | Reply

  15. oi bos…
    klw mank dah kras …
    jngan pkuli junior …
    krna brani one bye one …

    Comment by nelson btx | June 23, 2010 | Reply

  16. tiap sekolah kedinasan psti ada yg nama y kekerasan.. kalo gak mau kekerasan ya tidur sana ma mama…

    Comment by muhammad joko | August 24, 2010 | Reply

    • gaya loe pake kekerasan segala, orang cuma mau jadi pegawai kecamatan aja banyak tingkah …, kalo mau kkerasan ngapa dulu gak daftar tentara atau polisi aja, IPDN tai anjing ….

      Comment by andi | January 26, 2013 | Reply

  17. minum susu kalo gak mau kekerasan biar sehat…….

    Comment by muhammad joko | August 24, 2010 | Reply

    • kalian itu bukan calon tentara atau polisi,seragamnya doang yang ketat mirip AKMIIL/AKPOL … buat pemerintah seharusnya pendidikan kedinasan, model seragamnya jgn seperti itu, jadi mereka gak GEDE RASA seolah-olah masu jadi tentara/polisi ….

      Comment by andi | January 26, 2013 | Reply

  18. surut dah niat buat masuk kampus ternama,,(((ternama gara2 aksi kekerasannya..))wkwkwk
    jadi pengen nangis ingat kasus ka cliff…
    c..u…in nirvana brother..

    Comment by Nisha | October 29, 2010 | Reply

  19. IPDN Tidak Usah Dibubarkan…kita membutuhkan calon2 Pemimpin yang bisa diandalkan…jangan hanya pemimpin yang haus akan uang….lagipula IPDN sekarang tidaklah sama yang dulu, cara mendidiknya pun udah berubah…jadi terus dukung IPDN….

    Comment by Supardi | November 15, 2010 | Reply

  20. kalian ga ngerti untuk jadi pemimpin tu gmana, smua tu susah, jadi kalo ga dengan cara didikan gini, pemimpin ga ada artinya

    yang ada pemimpin malah takut menhadapi rakyat

    Comment by rizki | February 18, 2011 | Reply

  21. bubarkan saja stpdn… ups salah ipdn, kalo stpdn udah bubar sebelum dibubarin…hidup unpas wkwkwkwk ga nyambung…emang gw ga ngerti lo lo pade ngomong apaan..

    Comment by cah jogja | February 20, 2011 | Reply

  22. saya ingin masuk ipdn..karena saya ingin mati…
    bosan hidup sakit hati terus…

    Comment by ardi | March 18, 2011 | Reply

  23. BUBARKAN SISTEM PEMASUKAN CAPRA YANG GAG BENER DI PUSAT-PUSAT PEMERINTAHAN DAERAHNYO….
    ITU YG NYEBABIN TERJADINYA KEKRASAN DI IPDN..COZ COZ PREMAN BERDASI BISA MASUK KESONOH… HADEUH…..

    Comment by key | July 10, 2011 | Reply

  24. mengapa IPDN melakukan kekerasan seperti itu??
    apakah IPDN dilatih untuk berkelahi sesama manusia??
    prilaku seperti itu sama sekali dengan anak SMA..
    seperti ngga beragama saja.

    Comment by Tito Sitompul | September 5, 2011 | Reply

  25. senior perutnya buncit2 ja pake gaya2 mukulin juniornya,,
    coba tu seniornya suruh mukulin preman-preman yang di luar sana, paling juga kaga berani,,
    braninya cuma ma junironya doang,!!!!

    Comment by harry | October 2, 2011 | Reply

  26. senior nya jago kandang ..coba kalo by one..??
    berani gaa bancii !!!

    Comment by much | October 20, 2011 | Reply

  27. AKU BANGGA JADI WANITA PRAJA IPDN…
    buktinya sekarang aku sehat-sehat aja…

    sekedar kasih tau “GAK SELAMANYA APA YANG KITA LIHAT ITU BENER”
    yang terjadi biarlah terjadi, yang buruk gak akan selamanya buruk khan…!!!!?
    ada sisi baik and ada sisi buruknya…
    tinggal bagaimana kita menanggapinya secara bijak aja…

    Comment by DAP | December 30, 2011 | Reply

    • gak harus sistem herarki d institusi itu di adakan senior selalu benar junior selalu salah………..kapan kita jadi pemimpin yang adil dan bijaksana kalu sisitem kekerasan itu selau d gunakan dalam sistem institusi……akan terus2an balas dendam anatara senior ke junior ji kalau ini tidak di hentikan gak ada yang namanya perubahan lebih maju di negara kita…..sekarang blum jadi pejabat udach main hakim sendiri terhadap 1 institusi…apalagi udach jadi pejabat malah akan lebih gelap mata sampai2 menggelapkan uang rakyat….OKE SEKIAN THX….

      Comment by BOGEL | October 21, 2012 | Reply

  28. gak harus sistem herarki d institusi itu di adakan senior selalu benar junior selalu salah………..kapan kita jadi pemimpin yang adil dan bijaksana kalu sisitem kekerasan itu selau d gunakan dalam sistem institusi……akan terus2an balas dendam anatara senior ke junior ji kalau ini tidak di hentikan gak ada yang namanya perubahan lebih maju di negara kita…..sekarang blum jadi pejabat udach main hakim sendiri terhadap 1 KESTUAN institusi…apalagi udach jadi pejabat malah akan lebih gelap mata sampai2 menggelapkan uang rakyat Y DARI SITULAH KEJAHATAN,KORUPSI,DAN HAL2 YANG MERUGIKAN BAGI NEGARA KITA BERWAL DARI PEMBINAAn yang negatif jadilah pejabat yang negatif,,alias koruptor….OKE SEKIAN THX…

    Comment by BOGEL | October 21, 2012 | Reply

  29. setuju

    Comment by elie | July 13, 2013 | Reply

  30. Aku Bangga Menjadi Praja IPDN

    Comment by Genta Gsc | March 20, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: