Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Pempek Palembang Megaria

– Bahasa Indonesia Mode –

 

Anda suka pempek palembang ? Atau mungkin malah blom pernah makan yg namanya pempek ? Pempek adalah salah satu penganan asli palembang yang bahan baku utamanya dari tepung dan ikan. Pempek ini sudah ngetop dimana-mana, jd rugi besar kalo anda blom pernah coba.

Bicara soal pempek, tentunya nggak lengkap kalo nggak ngomongin rumah makan tempat kita bisa menikmati pempek tersebut. Nggak seperti Bandung, mencari tempat makan yang benar-benar enak di Jakarta jauh lebih susah. Apalagi yang jual pempek, benar-benar kayak mencari jarum ditumpukan jerami. Banyak sih sebenarnya yg jual pempek, cuman masalahnya nggak semuanya OK dalam urusan rasa dan pelayanan.

Nah, sekarang saya pingin ulas salah satu rumah makan pempek yg jadi favorit saya di Jakarta. Kebetulan tempat ini sangat dekat dengan rumah kost saya di bilangan Menteng Jakarta. Lokasinya persis di salah satu blok bangunan Megaria, kira-kira 15 meter dari pintu masuk bioskop 21 Megaria. Sekilas rumah makan ini nggak terlalu kentara dari luar. Satu-satunya tanda yang memberi tahu pengunjung kalo tempat ini adalah rumah makan pempek adalah papan nama besar yang bertuliskan "Pempek Palembang Megaria" atau PPM (bukan parts per million lo emoticon).

 

Ruangan di PPM relatif kecil, mungkin hanya berukuran 5 x 5 meter, tapi kalo tolak ukurnya berdasarkan jumlah pelanggan per hari, jelas PPM bukan rumah makan kecil. Saya biasanya datang ke PPM setelah pulang bekerja (habis senja) dan kalo lagi ‘mujur’ si penjual akan mohon maaf ke saya dan bilang kalo pempeknya sudah habis. Kalo udah gini saya cuman bisa mengurut-urut perut (bukan dada) menahan keiginan makan pempek sampe esok harinya. Dan kalo pun pempeknya belom habis, saya harus ngantri dengan pelanggan lainnya, karena nggak mungkin semua orang masuk ke dalam ruangan yang kecil tersebut.

Emang apa yg bikin orang pada suka makan di sini ? Yang utama mungkin masalah rasa. Yang membedakan pempek di PPM dengan tempat lain menurut saya adalah bumbu khusus yang ditambahkan pada tiap pempek yang lain dari yang lain. Ini membuat pempek di PPM jadi lebih gurih dan sudah pasti lebih enak. Bentuk penyajiannya juga rada beda. Awalnya saya sempat bingung juga karena waktu disajikan, yg ada cuman pempek tanpa saus cuko. Ternyata saus cuko-nya udah disiapkan di meja masing-masing dalam botol besar. Jadi anda tinggal siram sesukanya ke atas pempek dan kalo udah gini nggak perlu takut sausnya kurang, tinggal tambah sebanyak yg anda suka. Ide yang bagus menurut saya.

 

Buat pelanggan baru yang masih ‘buta’ dengan pempek nggak perlu malu atau takut datang ke sini. Pramusaji biasanya menanyakan menu yang anda inginkan sambil membawa sepiring ‘sampel’ pempek yang ada. Jadi tinggal tunjuk ini tunjuk itu tanpa harus menyebut nama pempek yang blom tentu kita semua tau kayak Kapal selam, Lenggang, Lenjer, Adaan dan lain-lain. Pelayanan di tempat ini sangat ramah dan nyaman. Jadi kalo anda pingin nanya hal-hal yang berhubungan dengan pempek, pramusaji nggak akan segan-segan menjawabnya. Dan kalo anda perhatikan meja makan di PPM ada beberapa tulisan tentang manfaat pempek bagi kesehatan dan cara terbaik untuk menyantapnya, jarang-jarang ada rumah makan yang mau menjelaskan manfaat dari makanan yg dijualnya.

 

Harga pempek di PPM berkisar antara Rp.2500 (pempek kecil) – Rp.9000 (pempek besar). Mungkin sedikit lebih mahal, tp buat saya, rasa jauh lebih penting emoticon, toh nggak perlu makan pempek tiap hari kan ? Saya juga biasanya menyempatkan diri makan di sini satu sampai dua kali dalam seminggu. Dan saran saya, kalo mau makan di sini jangan pas senin malam, selasa malam apalagi weekend, biasanya pengunjung bakal ramai banget dan bisa-bisa nasib anda bisa sama kayak saya, ngurut-urut perut karena nggak kebagian pempek emoticon.

July 9, 2007 - Posted by | Bhs Indonesia, Food

1 Comment »

  1. Saya juga penggemar berat makanan Pempek Asli Khas Palembang? Apalagi kalau makannya passs abiss ….hujan….hmm…yummy…..dan di Bogor juga ada yang jual Pempek yang uueeenaak dengan cuko yang maaanntaaaps?!, seperti di kota asalnya Palembang, …….yang pasti sich…. siiiips dech aroma dan rasanya,… lokasinya di Perumahan Ciomas Permai Bogor namanya “ PEMPEK XENA “, Pempek yang dibuat asli dari Ikan Tenggiri, ( lokasinya kira–kira 100 m, sebelah kanan dari pintu gerbang utama perumahan ) salam kuliner…….. dari Penggemar Pempek di Kota Hujan Bogor.

    Comment by Rera | June 2, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: