Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Tips mendapatkan Mp3 Gratisan

Lewat postingan ini, saya sama sekali nggak punya maksud untuk menghalalkan pembajakan musik atau karya cipta orang lain. Tulisan ini saya buat cuman sekedar untuk menambah wawasan saja, dan untuk menambah kesadaran kita kalo internet itu sudah sedemikian canggih dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, baik itu yang positif maupun negatif.

Pernah jalan-jalan ke pasar kan ? Entah untuk menemani ibu, istri atau saudara kita belanja. Terkadang sebelum membeli sesuatu, ada kebiasaan yang sering dilakukan pembeli, yaitu : mencoba. Misalnya sebelum membeli buah mangga, biasanya pembeli ditawarkan untuk mencicipi satu irisan dari buah mangga yang ingin dibeli. Dengan mencobanya terlebih dahulu, pembeli dapat langsung mengetahui kualitas buah mangga yang dijual tersebut dan selanjutnya dapat mengambil keputusan untuk membelinya atau tidak.

Hal yang sama bisa diterapkan untuk musik. Saya juga punya kebiasaan untuk mencoba terlebih dahulu beberapa lagu dari suatu album sebelum membelinya. Karena saya jarang dengar radio atau nonton TV, saya nggak terlalu banyak tahu perkembangan musik yang ada. Biasanya saya tahu lagu-lagu baru yang ada lewat internet atau tabloid musik. Terkadang juga lewat adik saya yang kebetulan seorang penyiar di salah satu stasiun radio swasta.

Karena nggak punya TV atau Radio (bukannya saya miskin lho, tp emang males beli karena nggak terlalu diperlukan ^^), saya cuman bisa mengandalkan PC saya dan jaringan internet yang ada untuk mencoba lagu-lagu dari album yang nantinya akan saya beli. Format file lagu atau musik yang ada di internet biasanya mp3, wma, ogg atau rm (real media). Cuman, kebanyakan yang saya cari adalah mp3, karena format ini sudah digunakan secara luas dan kualitasnya umumnya lebih bagus dari format lainnya.

Mencari file mp3 di internet bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena hampir 99% informasi yang kita inginkan-termasuk file mp3-sudah pasti ada di internet. Yang bikin susah adalah mencari file mp3 yang kita inginkan, ibaratnya mencari jarum dalam jerami. Karena distribusi file mp3 di internet umumnya bersifat ilegal, kebanyakan website yang menyediakan file mp3 mendistribusikannya tidak secara terbuka.

Berikut tips-tips yang bisa saya berikan untuk mencari file-file mp3 di dunia maya.

1. Search Engine

Ini yang paling penting. Anda sudah harus tahu dengan yang namanya Search Engine (misal Google, Yahoo, Altavista dll) dan paling nggak mengerti cara menggunakannya. Search engine befungsi untuk mencari website berdasarkan kata kunci yang diberikan pengguna. Untuk mencari file mp3 melalui search engine diperlukan beberapa trik khusus, sebab tidak semua search engine dilengkapi fasilitas untuk pencarian file.

Sebagai contoh, bila kita ingin mencari lagu All of You dari Julio Iglesias dan Anggun, masukanlah kata kunci berikut ke dalam search engine :

“All of you.mp3” +julio +anggun

Masukkanlah kata kunci selengkap mungkin untuk mempersempit lingkup pencarian dengan tanda petik (“”) atau karakter plus/minus, sehingga pencarian file menjadi lebih mudah. Kata kunci di atas akan membuat search engine mencari kalimat utuh “All of You.mp3” yg merupakan nama file mp3 yang kita inginkan. Tanda plus berarti bahwa hasil pencarian yang ditampilkan adalah website yang contentnya mengandung kata “julio” dan “anggun”, website yang tidak mengandung kedua kata ini akan diabaikan.

Coba bandingkan billa anda hanya memasukkan kata kunci berikut :

All of you mp3

Bila anda hanya menggunakan kata kunci tersebut, search engine akan menampilkan banyak sekali alamat website yang mungkin hanya mengandung sebagian kata kunci di atas, dan yang bikin jengkel terkadang website-website ini hanya fake, maksudnya, menawarkan mp3 gratis tapi ujung2nya minta duit atau link ke website lain.

Sebagian besar website mungkin tidak memampangkan file mp3 yang dimilikinya secara langsung pada halaman websitenya untuk alasan legalitas. Kita bisa mengakalinya dengan memasukkan kata kunci berikut ke dalam search engine.

“All of You.mp3″ +”parent directory”

Bila anda menggunakan kata kunci di atas, search engine akan menampilkan direktori dari website tempat file mp3 yang diinginkan berada tanpa harus membuka halaman awal dari website yang bersangkutan. Saya suka pake istilah “Masuk lewat pintu belakang” untuk teknik ini😀. Hanya saja, cara ini nggak selalu berhasil, jadi jangan terlalu berharap banyak😛.

Jika anda ingin menghindari fake website seperti yang telah saya sebutkan tadi, anda dapat menggunakan tanda minus (-) disertai kata-kata atau karakter kunci yang tidak ingin anda jumpai pada website tersebut. Misalnya kata-kata : “buy”,”$” atau yang lainnya. Sebagai contoh :

“All of You.mp3” +julio +anggun -buy -$ -shop

Bila anda masih bingung dengan penjelasan saya, anda dapat mencoba pencarian khusus yang ditawarkan oleh beberapa search engine, misalnya Google. Metode pencarian khusus umumnya menawarkan teknik pencarian detil yang lebih mudah dimengerti oleh pengguna dibandingkan dengan menggunakan pencarian dengan kata kunci biasa.

Kebanyakan website yang menyediakan file-file mp3 biasanya berupa search engine khusus mp3 atau blog pribadi. Jadi gunakanlah fasilitas search engine sebagai pilihan pertama untuk mencari file mp3 pada website-website tersebut.

2. Forum Diskusi

Bila pencarian dengan menggunakan search engine masih nggak berhasil, jangan putus asa dulu, masih ada alternatif lainnya. Anda bisa mencari forum-forum diskusi di internet yang berhubungan dengan musik. Dan untuk forum jenis ini, anda boleh lega soalnya jumlahnya luar biasa banyak di internet. Untuk mencari form yang diinginkan, anda dapat menggunakan search engine seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Misalnya anda ingin mencari musik-musik pop jepang lewat forum, masukkanlah kata kunci berikut pada search engine :

jpop music forum

Bila hasil pencarian sudah muncul, pilihlah salah satu website forum yang anda inginkan. Umumnya file-file mp3 tidak langsung tersedia pada arsip forum yang kita buka, kebanyakan file tersebut telah diupload ke website lain oleh para anggota forum tersebut. Website ini umumnya adalah file hoster seperti Rapidshare, YouSendIt dan lain-lain. Sebagian forum mensyaratkan pengguna untuk melakukan registrasi (biasanya gratis) terlebih dahulu sebelum membuka arsip atau suatu topik forum.

Pencarian file mp3 lewat forum memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pencarian melalui search engine. Pada forum umumnya kita dapat menemukan file-file mp3 yang tidak bisa ditemukan melalui search engine, misalnya lagu-lagu lokal atau lagu-lagu yang sudah tidak ditemui di pasaran. Prinsip kebersamaan yg kuat umumnya dapat ditemukan lewat forum, di mana para anggotanya bisa saling request atau sharing file-file mp3 yang dimiliki anggota lainnya.

Dan kalo mau jujur, sebenarnya nggak cuman file mp3 yang bisa dishare di sini, kalo anda jeli, anda bisa bisa menemukan beberapa hal menarik yang umumnya ikut dishare pada beberapa forum tertentu. Misalnya manga, anime, film (baik film “baik” atau “nggak baik”), software dan lain-lain.

Pesan saya, hati-hati aja dalam melakukan sharing file mp3 atau lainnya, sebab hal ini sebenarnya ilegal untuk dilakukan.

3. Torrent/P2P (Peer to Peer) 

Alternatif lain kalo dua cara di atas gagal adalah melalui File sharing dengan teknologi peer to peer. Dengan cara ini, anda dapat mendownload file mp3 langsung dari PC para pengguna lain yang memiliki file tersebut tanpa harus membuka website tertentu lewat browser. Yang perlu anda lakukan adalah meng-install aplikasi peer to peer seperti BitTorrent, Azureus, Bitlord dan lain-lain.

Selanjutnya bukalah website torrent searh seperti TorrentSpy, Torrenz, Mininova, Snarf-It dan lain-lain. Masukkan kata kunci berupa nama lagu atau artis yang anda inginkan pada search engine torrent tersebut. Bila file torrent untuk file tersebut ditemukan, downloadlah file torrent tersebut lalu buka dengan menggunakan aplikasi peer to peer, dan anda akan langsung terhubung ke pengguna lainnya yang memiliki file tersebut.

Kelemahan metode peer to peer adalah kenyataan bahwa untuk mendownload sesuatu, minimal salah satu pengguna yang terhubung harus memiliki status sebagai seeder, artinya pengguna tersebut telah memiliki atau mendownload file tersebut secara penuh (100%) dan memperkenankan kita untuk mendownload file tersebut dari PC-nya. Artinya kalo nggak ada seeder, maka otomatis kita nggak akan bisa mendownload file secara penuh.

Kelemahan lainnya, metode ini sangat menguras bandwidth internet anda, jadi kalo anda melakukan sharing file secara peer to peer di kantor atau rumah, koneksi internet akan terasa sangat lamban.

4. IRC (International Relay Chat)

Banyak orang menganggap kalo IRC cuman untuk chat semata, padahal fasilitas ini juga bisa dipakai untuk file sharing. Saya sendiri nggak terlalu familiar dengan cara ini, soalnya saya baru sekali memakai IRC untuk mendownload file. Umumnya untuk mendownload file tertentu, anda harus masuk ke sebuah channel tertentu dan menuliskan kode-kode  perintah khusus pada prompt software IRC. Perintah-perintah ini umumnya ribet dan kurang cocok bagi pemula yang baru mengenal IRC.

Bila anda ingin mendownload file mp3 melalui IRC, pelajarilah terlebih dahulu  perintah-perintah yang digunakan untuk mendownload file pada website-website khusus IRC.

Mungkin cuma ini tips-tips yang bisa saya berikan. Jangan lupa, anda bukan maling, jadi gunakan file mp3 tersebut hanya untuk mencoba, bukan untuk digandakan atau diperjualbelikan. Setelah mencoba, hapus filenya dan beli langsung albumnya.

Selamat berburu mp3.

January 3, 2007 - Posted by | Internet, Music

6 Comments »

  1. KALO MAU NYARI NYA LEWAT PARENT DIRECTORY KETIKNYA APA MAS??

    Comment by andrianto | August 22, 2007 | Reply

  2. Kurang satu Pak. Search di multiply ato website music player lain trus donlod pake unplug add-ons nya Mozilla.

    Comment by Yudha | May 18, 2008 | Reply

  3. Selama ini saya, saya menggunakan utorrent utk download. Dengan speed yang menurut saya sangat lamban. Masa sich utk mendownload file sekitar 100mb saja memakan waktu 2 hari ???? Download speed selalu cuman berkisar o,1 kbps – 4 kbps. Apakah harus nunggu sampai tua baru bisa punya file2 yang kita inginkan???

    Comment by disjoki | July 5, 2008 | Reply

  4. Utorrent saya juga telah saya “modif” sesuai petunjuk para ahli agar lebih cepat. Nyatanya? Tak banyak membantu… Apakah ada yang bisa membantu saya pemula yang bodoh ini????

    Comment by disjoki | July 5, 2008 | Reply

  5. Pilihan gw,

    # Forum,
    # Blogspot,
    # Multiply,
    # Posting request di blogspot sambil berharap2x cemas.
    # Kenalan ama DJ.

    hehehe.

    Comment by Rudy Pandu | August 14, 2008 | Reply

  6. klw ane… minta ma temen… klw ndak ada mp3 baru minta duitnya aja gan… buat beli cd tbaru… wkwkwkwk

    Comment by assline | October 8, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: