Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Bus Bianglala = Bus Biang Masalah ??

Lagi nggak mood nulis nih.

Senin kemarin gw pergi ke ciputat, tempat salah satu klien gw. Seperti biasa, gw naik bus Bianglala Metropolitan  jurusan Senen-Ciputat dr Jl. Proklamasi, biasanya 1 jam lebih jg nyampe di tujuan. Waktu naik, bis kebetulan masih agak kosong, jd dpt tempat duduk kosong. Perasaan gw emang nggak enak banget hari itu, sejak pagi entah knp gw uring2an, imajinasi gw jg udah pd nggak benar semua.

Waktu kenek nagih ongkos, gw kasih dia duit 20 ribu. Nah, waktu itu dia blom ngasih gw kembalian. Gw pikir karena penumpangnya masih dikit jd dia nggak punya uang kecil buat kembalian, jd gw biarkan aja. "Ntar jg dibalikin kalo penumpangnya udah banyak", pikir gw.

Bus makin jauh meninggalkan jakarta pusat, bus jg hampir penuh, ni kenek cuek aja, lupa atau pura2 lupa ngembaliin duit gw ? Pas sudah lewat Blok M, gw coba minta kembalian sama tu kenek. Eh, si kenek jerawatan dgn tampang premannya ngomong dgn enteng, "Kan udah dikasih kembaliannya, mas ?!"

Kaget gw, terus gw tanya lg baik2, kapan balikinnya. "Udah tadi !" Kata si kenek kesal. Diperlakukan kayak gini, gw ikutan emosi, "Kapan balikinnya, mas ?!". kata gw ketus. "Saya bilang udah tadi, kok minta kembalian dua kali !" cetus si kenek.

Anjrit !! Ni kenek cari masalah rupanya. Sebelum gw sempat damprat lg itu kenek, laki2 yg duduk dibelakang gw rupanya ikutan ngedukung gw. "Mana ? Td gw emang gw blom liat lu ngasih mas ini kembalian." Si kenek sialan masih keukeuh kalo dia udah ngasih kembalian ke gw. Gw nggak miskin2 amat buat minta duit kembalian dua kali, tp gw jg nggak terima kalo duit gw dirampas begitu saja.

Tau apa yg terjadi selanjutnya ? Tiba2 bus berhenti di dekat jembatan layang Fatmawati. Rupanya bannya bocor. Dan si kenek sigap turun, lalu menghilang ketika orang2 masih sibuk bertanya2 knp bis berhenti mendadak. Benar2 itu si kenek menghilang dr pandangan. Brengsek.

Gw bukannya mau menjelek2an Bus Bianglala, tp asal tahu saja, ini sudah kejadian ketiga yg gw alami selama naik bus ini, dan kejadian senin kemarin yg paling menjengkelkan. Pernah suatu waktu bis berhenti di sudirman, alasannya minyak remnya habis. Pernah jg berhenti dgn alasan AC rusak. Sebegitu parahkah maintenance kendaraan Bianglala ? Para penumpang keluar duit sampe 5000 perak sebenarnnya bukan untuk kenyamanan di atas bus, tp buat ditumpuk seperti ikan pepes. Masih mending bus non-ac, jendela masih bisa dibuka kalo panas. Di bus AC ? Pengapnya luar biasa. Dengan jumlah penumpang melewati kapasitas kayak gitu gw yakin, AC 2 PK ke atas jg nggak bakalan bikin sejuk. PATAS ? Lebih lama ngetemnya dibilang PATAS ? Terus yg nagih ongkos itu kenek atau preman sih ? Kok kelakuannya lebih mirip penjahat drpd kenek ?

Gw tau ini Jakarta, hidup di sini keras, tp nggak perlu gitulah caranya buat cari duit.

Buat teman2 yg pingin naik bis2 macam ini (nggak cuman bianglala sebenarnya), saran gw :

  1. Pergi lebih cepat dr biasanya. Maksudnya buat jaga2, soalnya bus ini doyan sekali ngetem.
  2. Siapkan uang pas buat ongkos. Kalau nggak punya uang kecil, pastikan meminta kembalian dr kenek maksimal semenit setelah ngasih ongkos.

Ck … masih kesal banget gw.

September 6, 2006 - Posted by | Thought and Opinion

1 Comment »

  1. Saran untuk anda sebelum menaiki bis,cek dulu ac, ban, minyak rem dan keneknya. Hitung juga rodanya kalau rodanya ada 6 (enam)berarti anda sudah benar, tapi kalau rodanya cuma ada 3(tiga) patut dicurigai, jangan² bis itu sedang rusak(ya jangan naik lah), atau bisa jadi itu bukan Bis, tapi BAJAJ !!!

    Comment by bobo | May 30, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: