Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

Metal Slug

Sedikit flashback, sewaktu kecil dulu, sekitar akhir tahun 80an, mungkin anda pernah mendengar atau mungkin pernah memainkan Nintendo. Pada saat itu console ini masih sangat populer di kalangan Gamers rumahan. Gw masih ingat banget dulu waktu SD, tiap pulang sekolah sering mampir ke rumah teman yg punya Nintendo. Kadang2 diomelin sama bokap/nyokap gara2 blom pulang sampe sore. Mungkin sejak kenal Nintendo itulah gw mulai tergila2 sama yg namanya game sampe sekarang.

Logo Contra Original 

Bicara soal game, mungkin anda juga pernah mendengar/memainkan Contra. Game bergenre Run-and-Gun ini dulu salah satu game yg paling populer di zamannya. Banyaknya stage yg harus dilalui, berbagai senjata sampai rahasia yg tersembunyi menjadikan game buatan Konami ini (dulu) sempat menjadi game "wajib" para gamer Nintendo.

Aksi di Contra Original 

Setelah awal 90an, Nintendo mulai tergusur oleh Konsol2 lain dengan tekonologi 16/24 bit ke atas yg menjanjikan tampilan yg lebih baik dr sebelumnya. Bersamaan dengan itu para developer game ikut berlomba-lomba membuat game yg sesuai untuk konsol2 tersebut. Game2 bertema action 2D makin lama makin tenggelam seiring dengan berkembangnya teknologi 3D pada tiap konsol. Hingga saat ini, mungkin hanya beberapa tipe game tertentu saja yg masih mempertahankan sistem tampilan 2D. Misalnya game bergenre Fighting. Itupun dengan catatan bahwa game2 tipe ini memiliki penggemar yg luar biasa banyak di seluruh dunia. Misalnya Seri Street Fighter (Capcom) atau The King of Fighters (SNK – skrg SNK~Playmore). Sementara game2 lain yg bertipe Arcade Shooter atau Run-Gun 2D makin langka. Kalaupun ada, biasanya game2 ini kurang laku di pasaran.

Kembali ke Contra tadi, dengan kondisi di atas, game ini akhirnya ikut tenggelam dan menghilang dr peredaran seperti halnya game2 Run-Gun 2D lainnya. Tapi siapa sangka pada tahun 1996, SNK memperkenalkan salah satu game terbarunya dengan tipe yg tidak jauh berbeda dengan Contra, baik terutama pada sisi gameplay-nya dan tampilannya.

Metal Slug : Super Vehicle-001

Metal Slug : Super Vehicle-001, nama game ini, menganut tampilan 2D layaknya Contra, tapi dengan kualitas grafis yg jauh lebih baik dari pendahulunya. Di sisi lain, gameplay yg diberikan kurang lebih sama dengan sebelumnya dengan perbaikan di sana-sini. Sistem powerups (upgrade senjata) dan KOFES (Killed-On-First-Enemy-Shot) masih tetap ada ditambah dengan beberapa tombol tambahan untuk fungsi-fungsi tertentu, misalnya melempar granat. Lebih dari itu, game ini juga memberikan nuansa humor yg jarang sekali ditemui pada game bertipe run-gun. Karakter yang ditampilkan layaknya tokoh di film2 kartun atau anime, dengan animasi atau adegan2 lucu di sepanjang permainan. Apakah anda pernah membayangkan membunuh musuh dengan garpu atau membunuh musuh ketika tubuh anda diselimuti perban dan tampil layaknya mumi di arena pertempuran ? Fitur2 di atas seolah kembali membangkitkan genre Run-gun yg sempat ‘mati’ sebelumnya.

Aksi Marco di Metal Slug (MS)   Bos Musuh Kedua di MS

Gw kenal game ini sekitar awal abad 21, kalo nggak salah tahun 2001.  Dan sampe sekarang game ini masih tetap jadi salah satu game fav gw dan selalu ada di tiap komputer yg gw pakai, entah itu PC pribadi, kantor atau laptop.

To Be Continued :D 

August 18, 2006 - Posted by | Games

1 Comment »

  1. membuat game metal slug sih pake apa ya ???

    Comment by yohanes bertanya | July 14, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: