Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

SHINOBI ~ Heart Under Blade

Seperti biasa, tiap Jumat sore gw ‘pulang’ ke Serpong, tujuannya apalagi kalo bukan untuk refreshing. Lima hari di Jakarta bikin kepala pusing, mata sakit plus kuping merah gara2 headset yang nempel 10 jam sehari. So, waktu Sabtu – Minggu di Serpong biasanya aktivitas gw kebanyakan ada di atas kasur, ngagoler alias baring2 sambil santai. Kalo nggak ngegame ya nonton Film.

Nah, kebetulan kemarin bos gw nitip film DVD buat dikembalikan ke teman gw di Serpong. Satu DVD kalo nggak salah ada 8 film yang semuanya film action Jepang, mulai dari Zatoichi, Azumi 1 & 2, Shinobi, dll. Kemarin gw sempat nonton sampe 3 film, dan yang lainnya cuman dilihat sekilas. Dari ke 8 film ini menurut gw sih yang paling bagus sih film SHINOBI ~ Heart Under Blade. Film lainnya jg bagus sih tp SHINOBI tetap yg paling bagus (menurut gw sih).

Kalo Azumi, memang sih pemeran utama ceweknya cakep pisan, tp aktingnya biasa-biasa aja, jalan ceritanya jg datar dan gampang gw tebak. Sayangnya lagi, cerita di Azumi nggak jauh beda dengan sinetron2 laga di Indonesia. Satu orang cewek membantai puluhan prajurit dan pembunuh bayaran ? Terlalu jago emoticon.

Kalo SHINOBI, ceritanya lebih asik, lebih ada romance-nya. Adegan berantemnya jg lebih keren (karena ada efeknya emang), tp menurut gw kelebihan SHINOBI ada di jalan ceritanya. Sebenarnya nggak aneh, soalnya cerita SHINOBI ini diangkat dari novel.

 

SHINOBI pada dasarnya bercerita tentang perang antara dua klan ninja terkuat di zaman kekuasaan Tokugawa Ieyasu, sekitar abad 17 (1600 M).

Dua klan ninja ini, Iga (Tsubagakure) dan Kouga (Manjidani) , masing2 memiliki pendekar2 yang kemampuannya di luar nalar manusia biasa, misalnya, membunuh hanya dengan menatap mata lawan, atau meniru wajah seseorang hanya dengan menyentuh wajah orang tsb dll. Kedua klan ini sejak dahulu sudah bermusuhan satu sama lain, tapi masing2 berusaha tidak mengganggu untuk menghindari perselisihan yang lebih jauh.

Menyadari kekuatan kedua klan ini, Pendeta Tenkai (gw lupa nama panjangnya – dia jg muncul di film Azumi), khawatir kalo keduanya bakal menjadi ancaman bagi kekaisaran Tokugawa di kemudian hari dan membujuk kaisar untuk menggelar kontes yang menentukan klan mana yang lebih kuat. So kedua klan ini diadu-domba. Tiap klan dipersilahkan memilih 5 jagoan terbaik yg mereka miliki dan berduel dengan lawannya dari klan lain sampai mati. Rencana si Tenkai licik ini sebenarnya ingin menghabisi kedua klan serta menghancurkan desa tempat mereka tinggal, jd menang atau kalah tetap aja hancur.

 

Di sini ceritanya mulai seru, soalnya kedua pemimpin klan ini, Oboro (Klan Iga) dan Gennosuke (Klan Kouga) ternyata sudah lama saling suka dan sudah nikah diam2 emoticon, dan keduanya adalah salah satu jagoan terbaik dari masing2 klan emoticon. Jadi, Oboro harus membunuh suaminya sendiri, begitu pula Gennosuke (Damn … politik emang kejam, makanya sampe sekarang gw muak sama yg namanya politik).

Selanjutnya, lebih banyak adegan berantem antara kedua klan. Jurusnya aneh2, ada yg badannya ditembus pedang tapi nggak mati2, bisa menghilang dll emoticon. Sampe akhirnya dari 10 jagoan, tinggal 2 yang tersisa, Oboro dan Gennosuke, dan salah satu harus ada yang mati. Gimana kelanjutannya ? Nonton aja filmnya.

Selain jalan ceritanya bagus, setting latar film ini jg bagus, panorama lembah dan pegunungan tempat desa kedua klan tinggal benar2 indah. Efek2 yang ditampilkan di sepanjang film ini juga keren. Ending Soundtrack dari film ini jg bagus, sayangnya gw kurang tau siapa yg nyanyi.

Sayangnya waktu gw nonton film ini, subtitlenya kepotong emoticon, jd waktu nonton gw harus nebak2 apa kira2 yg diomongin  sama tokoh di film ini. Tapi pada dasarnya film ini mudah dipahami, walaupun nggak pake subtitle emoticon

Advertisements

July 31, 2006 - Posted by | Movies, Thought and Opinion

6 Comments »

  1. Gw juga baru nonton film ini, efek actionnya keren abis. Yang paling gw suka jurus pamungkas dari dua kubu itu, ilmu “telekinetik” dan “time stop” bikin mereka berdua jadi ninja yg paling berbahaya. Tapi kenapa Gennosuke harus mati, padahal kekuatan mereka berdua udah lebih dari cukup untuk menghentikan invasi tentara Yagyu ke desa mereka berdua, tadinya gua berharap ada adegan mereka berdua tag-team buat nge-hajar batalyon pasukan itu.

    Comment by sibadu | August 9, 2006 | Reply

  2. Tambahan, buat yg subtitle-nya ilang…, inti masalahnya dijelaskan saat Gennosuke berhadapana dengan TenZen di Hutan, jadi biang kerok semuanya adalah TenZen (si manusia abadi), dia udah jenuh jadi Shinobi (salahnya sendiri hidup hampir 300 tahun, bosen bgt kali) dan pengen Shinobi itu bubar aja, nah dia bikin siasat licik ini bareng Pendeta Tenkai, Yagyu, dan Hanzo Hattori selaku pejabat pemerintah untuk memusnahkan dua desa tersembunyi terakhir ninja Shinobi.

    Comment by sibadu | August 9, 2006 | Reply

  3. Hehehehe …. ternyata lu nonton ya. Gw setuju sama lu, Gennosuke sama Oboro ilmunya memang paling maut. Kenapa mereka nggak bersatu buat melawan rencana licik pendeta Tenkai ? Soalnya kedua klan ini adalah ninja pelindung kaisar, jadi mau nggak mau harus nurut sama kaisar. Sayang gennosuke yg mati, padahal menurut gw sih ilmunya yg paling keren, apalagi pas berantem di tengah hutan.

    Comment by Admin | August 14, 2006 | Reply

  4. memang top tuch film .ceritanya juga keren .jurus2 serta tokoh nya sama kayak di komik naruto dan kyo samurai deppers.
    klo lo pecinta komik kyo lo pasti bisa nebak tokoh apa aja yang di mainkan di film itu.
    contoh :yang gak mati di tembus pedang, jurus dan rupa tokohnya sama bgt kayak di komik kyo,dia sebagai ninja sanada juyushi.dia punya jurus anti mati.nama tokohnya sasuke sarutobi

    trus jurus mata yang dipake genosuke .klo dikomik kyo nama nya tuh jurus punya kecepatan yag mantap bgt.

    trus cewe imut yg pake jurus derbuk,klo di komik namanya antera

    trusjurus mata yg dipake oboro mirip sama jurus sharingan nya sasuke dari komik naruto tuc

    klo lo masih pada penasaran lo nyewa/beli aja komik kyo samurai deppers lo pasi bakal ketagihan sama dunia ninja dan samurai .pokoknya tokoh and jurus nya di jamin sama dech

    Comment by Dika che_q305 | November 7, 2007 | Reply

  5. @dika : hmmm … memang manga Samurai Deeper Kyo top banget. Cuman kalo mau yg ceritanya sama persis dengan film ini, coba nonton anime yg judul ‘Basilisk : Kouga Ninja Scroll’.

    Ceritanya nyaris sama, yg beda di anime, ninjanya 10 vs 10, nggak 5 vs 5 kayak di film. Endingnya juga beda.

    Coba ditonton deh 🙂

    Comment by A3 | November 8, 2007 | Reply

  6. jepang emank ngak ada habisnya lau urusan perang antar klan,
    tapi seru untuk dikenang dalam sejarah

    Comment by emylia | July 27, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: