Arba’in – The Fourth

Sci,Tech and Ent

My Fav Firefox Extensions

Gw kenal pertama kali dengan browser ini kurang lebih satu setengah tahun lalu. Waktu itu Firefox (FF) masih versi 0.xx dan belum sebeken sekarang. Awalnya cuman coba2 tapi gw akhirnya malah jatuh cinta berat dengan browser satu ini. Salah satu dr banyak kelebihan FF yg menurut gw nggak dimiliki browser adalah extension. Extension ini jg sebenarnya ada karena status FF yg merupakan browser OpenSource. Jadi tiap orang bebas membuat program2 kecil yg bisa diintegrasikan dengan FF. Program2 kecil ini (alias extension) akhirnya malah menjadi salah satu senjata FF untuk mengalahkan browser2 lain yg sudah dulu populer macam Internet Explorer, Netscape, sampe Mozilla yg sebenarnya adalah ‘kakak’ dr FF sendiri.

Sebenarnya apa sih kegunaan extension itu ? Secara definisi gw jg nggak tahu. Tapi yang jelas, dengan extension, FF bisa menjelma menjadi sebuah browser dengan kemampuan yg luar biasa. Misalnya, memblok Pop Up window dan Iklan2 di website, mencegah script2 jahat masuk ke sistem, mempercepat koneksi internet, download otomatis serentak, tab browsing multi fungsi sampe bisa jd alat buat chatting. Sampe sekarang, gw blom pernah ngeliat browser lain yg kemampuannya sekomplit firefox. Thanx to OpenSource !!

Sekarang ini jumlah extension yg bisa diintegrasikan dengan firefox mungkin sudah ratusan atau ribuan, gw jg nggak tahu persis jumlahnya. Tapi dr sekian banyak extension, ada beberapa yg jadi fav gw (selain DOM Inspector yg udah bawaan FF).

  1. Adblock, dari namanya, sudah jelas fungsinya buat apa. Adblock akan memblokir semua iklan di halaman web, baik itu Gambar animasi gif sampe swf (flash), sehingga waktu loading webpage jd lebih singkat. Yg seru, kadang2 si pembuat iklan di website jg membuat kode yg membuat iklan tetap muncul walaupun adblock sudah aktif, tapi nggak lama setelah itu biasanya langsung muncul update dr extension ini yg bisa "melangkahi" kode2 dr iklan tersebut. The most fav extension i’ve ever had emoticon.
  2. Fasterfox, fungsi extension yg ini jg langsung ketahuan dr namanya. Fasterfox akan melakukan tweak langsung pada sistem koneksi browser FF, mulai dr pipelining, rendering sampe prefetching supaya halaman web yg diakses bisa diload dengan cepat. Buat yg awam dengan istilah2 di atas, disediakan settingan yg udah jadi atau preset, yg bisa dipilih langsung dengan cepat. Fasterfox jg memberikan semacam timer di statusbar FF untuk informasi loading time dr halaman web ybs. Paling keren kalo Fasterfox dipadukan dengan Adblock, kecepatan loading halaman web bisa sampe 5 kali lipat kalo dibandingkan dengan IE. Tp ini jg tergantung dengan koneksi internet yg dipakai, kalo koneksinya cuman dial-up yg paling 2 kali lipat doang nambahnya emoticon.
  3. Flashgot, hehehe … kayaknya pernah dengar namanya …. dimana ya ? Yak, benar sekali. Nama extension ini mirip sekali dengan salah satu download manager terbaik di planet Bumi, Flashget emoticon. Waktu dulu, pertama kali pake FF, bingung banget buat download file2 yg ukurannya besar. Soalnya di flashget nggak bisa dintegrasikan otomatis dengan FF, maunya cuman dengan IE. Pas nyari2 di situsnya mozilla, eh ketemu dengan extension ini. Sekarang kalo mau download file tinggal pilih Flashgot Link, dan otomatis filenya didownload dengan Flashget. Walaupun begitu, sebenarnya flashgot ini bisa jg diintegrasikan dengan download manager yg lain. My second fav Extension.
  4. Tab Mix Plus, salah satu extension yg baru gw kenal akhir2 ini. Tabmixplus memungkinkan pengguna untuk memanajemen sistem tab browsing yg ada di FF, misalnya ngasih status loading di tab dll. Sebelumnya gw make Tab browser Pref sebagai ext, tp pas lg ngulik2 situsnya mozilla gw ketemu dgn extension ini, dan ternyata extension ini fiturnya banyak banget. Salah satu yg jd fav gw adalah fitur Session Crash Recovery. MIsalnya suatu saat FF Crash dan kita belum sempat mem-bookmark halaman web yg kita kunjungi, maka session crash recovery akan meload kembali halaman2 web yg belum sempat dibookmark tadi. My third fav extension. COOL emoticon.
  5. IE Tab. Sebelum kenal dengan extension ini, gw sempat jengkel kalo ngebuka website2 yg butuh engine IE-nya  microsoft. Soalnya itu berarti gw harus pake IE buat ngebuka website ybs. Tp sekarang, gw sudah bisa ninggalin IE, soalnya cukup dengan membuka satu tab, gw sudah bisa meload halaman web yg butuh enginenya IE dalam FF. Bayangin aja, ada IE di dalam FF ! emoticon
  6. PDF Download, fungsinya ngasih pilihan ke pengguna kalo mengakses link ke file pdf. Pengguna bisa memilih, mau membuka file pdf di jendela browser, mendownload file pdf langsung atau cuman melihat versi HTML dr pdf ybs (kalo normalnya, file pdf langsung dibuka di browser).
  7. CustomizeGoogle, buat yg suka googling pasti sering males kalo lg searching ngeliat frame yg muncul dibawah hasil pencarian begitu mengklik hasil search. Extension ini akan membantu pengguna FF sewaktu menuliskan kata kunci, dengan langsung menampilkan hasil search yg populer (dengan jumlah halaman web yg ada). Di hasil search untuk gambar, jg disediakan pilihan link, apakah mau ngebuka imagenya langsung, atau halaman web tempat gambar itu ada (jd nggak ada frame2 lg). Sudah gitu, pengguna jg dikasih pilihan untuk mencoba pencarian dengan search engine lain seperti Altavista, askjeeves dll. Berguna banget buat yg doyan googling di internet emoticon.
  8. NoScript, another best extension  emoticon! Tanpa kita sadari, setiap membuka halaman2 web tertentu, ada kode2 jahat yg masuk ke sistem lewat browser. Dengan extension ini, pengguna bisa memilih situs2 mana saja yg bisa diakses dengan script tertentu dan kita bisa lebih aman bersurfing ria di internet. Cuman, kalo ntar ada website yg nggak muncul sempurna di browser, jangan bingung dulu. Bisa jadi script2 macam Javascript di website ybs udah diblok dengan extension ini emoticon.
  9. Download Status Bar, fungsinya sederhana, memindahkan jendela download FF ke status bar supaya pemakai nggak susah2 menekan Ctrl-J cuman buat ngeliat hasil download emoticon.
  10. Copy Link Name, pernah ngalamin nggak, mau meng-copy teks dr link suatu URL, tp yg ke-copy malah isi dr link ybs ? Nah, dengan extension ini, kita bisa menyalin teks dr URL ke Clipboard, bukan isi linknya.
  11. CuteMenus – Crystal SVG, buat nambahin icon di menu2 FF. Asik banget buat dilihat.
  12. cYMStatus, The last extesion. Tdnya gw nemu extension ini tenggelam di antara extension2 lain yg lebih populer. Gw coba download, ternyata fungsinya mirip dengan YAmp. Cuman bedanya kalo YAmp bisa nampilin Lagu yg dimainkan lewat Winamp di Status YM, extension ini akan menampilkan link dr halaman web yg kita akses di statusnya YM. So, skrg gw hati2 kalo ngebuka situs2 "nggak bener", bisa ketahuan ntar sama orang lain emoticon. Satu lagi yg bikin gw kaget, ternyata yg bikin extension ini orang Indonesia emoticon.

March 17, 2006 - Posted by | Hobbies, IT

1 Comment »

  1. lengkap bgt bozzzz

    Comment by santy | October 5, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: